TINDAKAN PREVENTIF OLEH TOYOTA ASTRA FINANCE LEASING MOBIL KEPADA NASABAH AGAR TIDAK TERJADI WANPRESTASI TERHADAP PERJANJIAN SEWA BELI (Studi Kasus Toyota Nasmoco di Kabupaten Pati)

Kusuma, Triksi Indriastiani (2024) TINDAKAN PREVENTIF OLEH TOYOTA ASTRA FINANCE LEASING MOBIL KEPADA NASABAH AGAR TIDAK TERJADI WANPRESTASI TERHADAP PERJANJIAN SEWA BELI (Studi Kasus Toyota Nasmoco di Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000393_fullpdf.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000393_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)

Abstract

Di era globalisasi saat ini, perkembangan masyarakat berlangsung dengan cepat. Batasan geografis dan jarak di dunia tidak lagi memiliki dampak yang signifikan berkat teknologi internet. Di sektor ekonomi juga terjadi pertumbuhan yang pesat, memerlukan mobilitas yang tinggi bagi mereka yang terlibat di dalamnya. Saat ini, perusahaan leasing telah menjadi pilihan utama masyarakat sebagai sumber pembiayaan untuk barang modal. Kegiatan utama perusahaan leasing adalah bergerak di bidang pembiayaan untuk keperluan barang-barang modal yang diinginkan oleh nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan preventif oleh TAF leasing mobil kepada nasabah agar tidak terjadi wanprestasi terhadap perjanjian sewa beli. Kedua, untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya wanprestasi yang dilakukan oleh nasabah dalam perjanjian leasing. Ketiga, untuk mengetahui solusi jika terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh nasabah dalam perjanjian leasing. Untuk mencapai tujuan penelitian, penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, data sekunder meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari observasi dan wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari studi dokumen dan studi kepustakaan. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa tindakan preventif oleh TAF leasing mobil kepada nasabah agar tidak terjadi wanprestasi terhadap perjanjian sewa beli di Toyota Nasmoco Kabupaten Pati adalah melakukan pengecekan atas kebenaran dari pengisian formulir dengan melakukan analisa dan evaluasi terhadap data dan informasi yang telah diterima dengan pengecekan dan pemeriksaan lingkungan. Kedua, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya wanprestasi yang dilakukan oleh nasabah dalam perjanjian leasing di Toyota Nasmoco di Kabupaten Pati yaitu karakter nasabah yang tidak jujur atau mempunyai itikad buruk, nasabah tidak mempunyai uang untuk membayar kewajibannya, nasabah tergiur untuk mendapatkan uang dengan cara menjual atau memindahtangaankan barang modal, pengangguran dan pemutusan hubungan kerja, penurunan pendapatan, adanya beban keuangan tambahan, dan perlambatan ekonomi. Ketiga, solusi jika terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh nasabah dalam perjanjian sewa beli di Toyota Nasmoco di Kabupaten Pati yaitu musywarah dilakukan antara krediur dan nasabah untuk mencari jalan kelaur yang terbaik dan penagihan dilakukan oleh petugas dengan mendatangi rumah nasabah, jika nasabah tetap tidak membayar, langkah selanjutnya yaitu menarik mobil dengan menggunakan Surat Penarikan Kendaraan (SPK). Kata Kunci : Tindakan preventif, leasing, perjanjian sewa-beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 03:49
Last Modified: 17 May 2024 03:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33807

Actions (login required)

View Item View Item