ANALISIS YURIDIS PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA (STUDI KASUS DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI JAWA TENGAH)

Konaah, Siti (2024) ANALISIS YURIDIS PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA (STUDI KASUS DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI JAWA TENGAH). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000390_fullpdf.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000390_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)

Abstract

Kemajuan tekonologi dan komunikasi berkembang dengan pesat pada zaman sekarang. Dengan adanya kemajuan teknologi ini tentu saja menimbulkan dampak positif dan juga dampak negatif. Dampak positif dari globalisasi yaitu menjadikan masyarakat berkembang di berbagai bidang, khususnya pada bidang kesehatan yaitu upaya peningkatan terhadap pengobatan dan pelayanan kesehatan. Namun dibalik dampak positif tersebut juga menimbulkan dampak negatif seperti penyalahgunaan narkotika oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Semakin tahun penyalahgunaan narkotika mengalami peningkatan yang signifikan khususnya oleh anak dibawah umur. Anak yang memakai narkotika dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena faktor lingkungan yang kurang baik. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertanggungjawaban pidana terhadap anak pelaku tindak pidana narkotika di BNN Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui pendekatan yuridis sosiologis yang menggunakan data primer namun juga tetap mengacu pada data sekunder. Sumber data yang diperoleh yaitu melalui penelitian lapangan (wawancara) dan penelitian Pustaka. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pada Pasal 1 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak, anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Jika anak dibawah umur melakukan tindak pidana pada Pasal 1 Angka 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak menyatakan bahwa anak yang berhadapan dengan hukum adalah anak yang berkonflik dengan hukum, anak yang menjadi korban tindak pidana, dan anak yang menjadi saksi tindak pidana. Terkait dengan Peraturan mengenai tindak pidana narkotika tertuang dalam UU No. 1 Tahun 2023 tentang KUHP terdapat pada Pasal 609, Pasal 610, dan Pasal 611. Penyelesaian yang dilakukan oleh BNN Jawa Tengah terhadap anak penyalahguna narkotika adalah dilakukan penegakan hukum terhadap anak dengan mengacu Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 tentang Narkotika. Kata Kunci: Anak; Narkotika; Penyalahgunaan; Pertanggungjawaban Pidana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 03:36
Last Modified: 17 May 2024 03:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33804

Actions (login required)

View Item View Item