PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA ASUSILA ANAK DI KABUPATEN GROBOGAN (Studi Putusan Pengadilan Negeri Purwodadi Nomor : 63/Pid.Sus/2023/PN.Pwd)

Kumara, Moch. Sutan Adrian (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA ASUSILA ANAK DI KABUPATEN GROBOGAN (Studi Putusan Pengadilan Negeri Purwodadi Nomor : 63/Pid.Sus/2023/PN.Pwd). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000380_fullpdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000380_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)

Abstract

Kejahatan asusila merupakan salah satu tindak pidana yang diatur dalam KUHP Pasal 285 dan pasal 289 KUHP Dari segi komposisinya, tindak pidana perkosaan ditentukan dalam peraturan Termasuk dalam kategori kejahatan resmi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran yang jelas tentang penegakan hukum terhadap tindak pidana asusila di kabupaten Grobogan dalam putusan nomor: 63/Pid.Sus/2023/PN.Pwd. serta untuk mengetahui peran Pengadilan Negeri Purwodadi dalam memeberikan perlindungan hukum menegakan hukum tindak pidana asusila di daerah Grobogan. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. yaitu suatu penelitian dimana penelitian tersebut menekankan pada ilmu hukum serta penelitian lapangan, tetapi disamping itu juga mengaitkan kaidah-kaidah hukum yang berlaku di dalam masyarakat. Spesifikasi penelitian hukum yang akan digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran (deskripsi), lengkap tentang keadaan hukum yang berlaku di tempat tertentu. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu Penegakan hukum terhadap tindak pidana asusila di kabupaten grobogan dalam putusan nomor: 63/Pid.Sus/2023/PN.Pwd yaitu Majelis Hakim melakukan Penegakan Hukum dengan cara menjatuhkan kepada para terdakwa yaitu pidana penjara masing-masing selama 5 (lima) tahun dan denda masing-masing sejumlah Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan masing-masing selama 1 (satu) bulan, merupakan hukuman yang pantas dan akan memberikan efek jera nantinya. Peran Pengadilan Negeri Purwodadi dalam memeberikan perlindungan hukum terhadap korban tindak pidana asusila yaitu perlindungan hukum terhadap korban tindak pidana asusila, Pengadilan Negeri Purwodadi berkerja sama dengan seluruh penegak hukum antara lain TNI, Polri, Jaksa dan Advokat di wilayah Purwodadi, Kerjasama tersebut berkaitan dengan bahaya pergaulan bebas dimana butuh adanya peran masyarakat dan juga orang tua untuk mengawasi anak-anaknya dalam pergaulan. Peran lain dari Pengadilan Negeri Purwodadi dalam perlindungan korban tindak pidana asusila yaitu dengan cara memberikan hukuman yang berat kepada pelaku tindak pidana asusila agar para pelaku tindak pidana asusila merasakan jera serta memberikan gambaran dampak kepada pelaku tindak pidana asusila lainnya Kata Kunci : Asusila, Penegakan Hukum, Tindak Pidana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 03:06
Last Modified: 17 May 2024 03:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33788

Actions (login required)

View Item View Item