KEBIJAKAN HUKUM PIDANA DALAM UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK KORBAN DALAM KASUS TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Jakarta Timur)

Dewi, Citta Kayana (2024) KEBIJAKAN HUKUM PIDANA DALAM UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK KORBAN DALAM KASUS TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Jakarta Timur). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000369_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000369_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)

Abstract

Anak korban kekerasan seksual memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan hukum. Meskipun, korban masih mengalami trauma atau rasa takut. Oleh karena itu, pemerintah memberikan solusi dengan cara mengajukan gugatan ganti rugi kepada pelaku melalui lembaga yang berwenang yaitu Pengadilan Negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan hukum pidana dalam perlindungan hukum pidana bagi anak dalam kasus tindak pidana kekerasan seksual di Pengadilan Negeri Jakarta Timur serta kebijakan hukum pidana yang seharusnya dalam upaya melindungi anak korban tindak pidana kekerasan seksual yang akan datang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian menggunakan deskriptif-kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan sumber data penelitian menggunakan data sekunder berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Metode pengumpulan data primer yaitu dengan cara wawancara dengan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur dan data sekunder dengan membaca dan menganalisis bahan hukum seperti studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode normatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Timur memiliki kebijakan bahwa ketentuan pemeriksaan perkara harus memperhatikan hak-hak anak atau hak-hak korban tindak pidana kekerasan seksual, serta sesuai dengan ketentuan undang-undang perlindungan anak dan ketentuan hukum acara pidana. Sedangkan, dimasa yang akan datang Pengadilan Negeri Jakarta Timur tetap mengikuti ketentuan yang saat ini dijalankan kecuali jika ada perubahan pada undangundang perlindungan anak. Dan persidangan terhadap perlindungan hukum anak korban kekerasan seksual sudah dilaksanakan sesuai aturan dan hukum acara yang berlaku. Kata Kunci : Kebijakan Hukum Pidana, Anak, Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 22 May 2024 02:07
Last Modified: 22 May 2024 02:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33786

Actions (login required)

View Item View Item