PERTANGGUNG JAWABAN PIDANA TERHADAP ANGGOTA TNI YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN (Studi Kasus POMDAM DETASEMEN 2 CIJANTUNG JAKARTA)

WIRAPRATAMA, SEFTIAN (2024) PERTANGGUNG JAWABAN PIDANA TERHADAP ANGGOTA TNI YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN (Studi Kasus POMDAM DETASEMEN 2 CIJANTUNG JAKARTA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000360_fullpdf.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000360_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis meneliti mengenai tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh anggota TNI. Pembunuhan yang dilakukan anggota TNI menjadi masalah terpenting dalam tubuh Militer. Dimana Sebagai Benteng perlindungan keamaan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penelitian ini mengangkat masalah pokoknya adalah bentuk pertanggung jawaban anggota TNI yang melakukan tindak pidana pembunuhan terhadap warga sipil di wilayah POMDAM DETASEMEN 2 CIJANTUNG JAKARTA dan penerapan sanksi yang diterima oleh pelaku tindak pidana pembunuhan. Jenis penelitian yang digunakan dalam metode penulisan ini adalah penelitian hukum sosiologis dengan melakukan wawancara secara langsung. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu menggambarkan dan menulis fakta yang diteliti dilapangan tentang bentuk pertanggung jawaban terhadap anggota TNI yang melakukan tindak pidana pembunuhan dan sanksi yang diterima oleh pelaku tindak pidana pembunuhan. Bentuk pertanggung jawaban pidana yang dijatuhkan kepada anggota militer yang melakukan tindak pidana pembunuhan terhadap warga sipil berupa penjatuhan pidana penjara dan pemecatan dari dinas militer. Kemudian, penerapan sanksi bagi anggota TNI yang melakukan tindak pidana pembunuhan yaitu setelah melewati peradilan militer, pelaku akan mendapatkan pidana penjara dan pidana tambahan berupa pemecatan dari dinas militer. Hal ini sebagaimana ketentuan pasal 256 UU No. 31 Tahun 1997 Tentang peradilan militer. Kata Kunci: Tindak Pidana Pembunuhan, Pertanggung Jawaban, anggota TNI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2024 02:28
Last Modified: 21 May 2024 02:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33783

Actions (login required)

View Item View Item