ANALISIS YURIDIS PUTUSAN MAJELIS HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA PERZINAHAN YANG DILAKUKAN ANAK (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Semarang Nomor 10/Pid.SusAnak/2016/PN.Smg)

SATRIO, PENDI (2024) ANALISIS YURIDIS PUTUSAN MAJELIS HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA PERZINAHAN YANG DILAKUKAN ANAK (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Semarang Nomor 10/Pid.SusAnak/2016/PN.Smg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000349_fullpdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000349_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)

Abstract

Di indonesia akhir-akhir ini banyak sekali ramai di bicarakan kasus tindak pidana perzinahan baik yang di lakukan oleh orang dewasa maupun dilakukan oleh anak di bawah umur, salah satunya adalah kasus perzinahan yang telah di putus oleh Pengadilan Negeri Semarang Yaitu Putusan Nomor.10/Pid.SusAnak/2016/PN.Smg. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan dan juga hambatan- hambatan yang dialami majelis hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku tindak pidana perzinahan anak di bawah umur, Pendekatan yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan Yuridis Sosiologis. Pendekatan Yuridis Sosiologis adalah menekankan penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan jalan terjun langsung ke objeknya. Hasil penelitian dan pembahasan ini yaitu bahwa hakim dalam memberikan putusan berdasarkan fakta-fakta yang terungkap dipersidangan serta berdasarkan pertimbangan hokum yang bersifat yuridis maupun pertimbangan hokum yang bersifat non yuridis, adapun hambatan yang dihadapkan majelis hakim ialah kurangnya alat bukti,adanya tekanan dari pihak luar, sulitnya komunikasi dengan terdakwa dan juga korban,kurangnya pemahaman orangtuan dari kedua belah pihak tentang sisitem peradilan anak, hakim bersifat tunggal dan solusinya hakim harus mempunyai pengalaman dalam proses penangan perkara anak,hakim harus lebih berani dalam mengambil sebuah putusan, hakim harus memberikan pemahaman kepada kedua belah pihak tentang sistim peradilan anak. Kata kunci : penegakan hukum,tindak pidana,perzinahan anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2024 02:53
Last Modified: 16 May 2024 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33781

Actions (login required)

View Item View Item