HUBUNGAN ANTARA SPIRITUAL WELL BEING DAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENYAKIT GINJAL KRONIK PADA PASIEN HIPERTENSI DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

Mareta, Octa Sasi (2024) HUBUNGAN ANTARA SPIRITUAL WELL BEING DAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENYAKIT GINJAL KRONIK PADA PASIEN HIPERTENSI DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img]
Preview
Text
30902000176_fullpdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Frekuensi kasus hipertensi yang meningkat dan sebagai beban finansial tertinggi kedua pada layanan kesehatan setelah penyakit jantung, masalah hipertensi dapat menyebabkan masalah penyakit ginjal kronis. Adanya sikap spiritual berhubungan dengan agama dan tuhan, perilaku yang dimiliki seseorang serta tindakan dalam motivasi terhadap pasien dengan resiko mengalami masalah penyakit ginjal kronik .Seseorang dengan landasan spiritual yang kuat dan motivasi dari diri dan lingkungan sekitar yang kuat dapat menangani penyakit kronis dan membantu pasien dalam mengelola kondisinya secara efektif dalam melakukan pencegahan penyakit gagal ginjal kronik pada seseorang penderita hipertensi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara spiritual well being dan motivasi dengan perilaku pencegahan penyakit ginjal kronik pada pasien hipertensi di RSI Sultan Agung Semarang. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan fokus deskriptif analitik dan desain penelitian cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner SWBS,kuesioner TSRQ,dan kuesioner perilaku pencegahan dengan skala Guttman. Jumlah responden sebanyak 80 orang menggunakan rumus proporsi. Data yang diperoleh diolah secara statistic menggunakan Uji Lambda dan Uji Koefisiensi Kontingensi. Hasil : Hasil uji melalui analisis statistik Uji Lambda dan Uji koefisien kontingensi membuktikan terdapat hubungan positif dan signifikan antara spiritual well being dan motivasi terhadap Perilaku Pencegahan Penyakit Ginjal Kronik pada Pasien Hipertensi yang dibuktikan dengan variabel Spiritual Well Being memperoleh p value adalah 0.00 dan variabel motivasi memperoleh p value adalah 0.04 (p value < 0.05). Simpulan : Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Spiritual Well Being dan Motivasi terhadap Perilaku Pencegahan Penyakit Ginjal Kronik pada Pasien Hipertensi di RSI Sultan Agung Semarang. Semakin meningkatnya spiritual well being dan motivasi yang dimiliki pasien, maka pencegahan terhadap pencegahan penyakit ginjal kronik juga akan semakin meningkat. Kata Kunci : Spiritual well being,motivasi,gagal ginjal kronik Daftar Pustaka : 82 (2014-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 May 2024 06:23
Last Modified: 10 May 2024 06:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33761

Actions (login required)

View Item View Item