HUBUNGAN SELF CARE MANAGEMENT DAN SPIRITUAL WELL-BEING DENGAN KEPATUHAN PEMBATASAN CAIRAN PADA PASIEN HEMODIALISIS DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

Safitri, Risma Amalia (2023) HUBUNGAN SELF CARE MANAGEMENT DAN SPIRITUAL WELL-BEING DENGAN KEPATUHAN PEMBATASAN CAIRAN PADA PASIEN HEMODIALISIS DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
30902000187_fullpdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang : Pasien yang menjalani terapi hemodialisa masih sangat sulit dalam membatasi asupan cairan sehingga berdampak buruk terhadap kesehatan. Dampak lain dari aspek fisik dan psikologis menjadi hal penyulit terhadap kepatuhan terapi, dengan self care management dan spiritual well-being diharapkan mampu membantu pasien dalam mematuhi pembatasan cairan selama menjalani terapi hemodialisa. Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Menggunakan teknik total sampling sebanyak 80 responden, pengumpulan data menggunakan kuesioner hemodialysis patients self care measurement scale dan kuesioner (FACIT-SP-12 ) menggunakan uji Gamma dan Lambda. Hasil : Hasil r = 0,409 dengan ρ value = 0,041 ( ρ<0,05) yang berarti terdapat hubungan antara self care management dengan kepatuhan, dan hasil r = 0,326 dengan ρ value = 0,013 (ρ<0,05) yang berarti terdapat hubungan antara spiritual well-being dengan kepatuhan. Simpulan : Terdapat hubungan yang siginifikan antara self care management dan spiritual well-being dengan kepatuhan pembatasan cairan pada pasien hemodialisis. Kata kunci : self care management, spiritual well-being, hemodialisis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 May 2024 06:46
Last Modified: 10 May 2024 06:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33753

Actions (login required)

View Item View Item