ANALISIS PENGARUH LITERASI SUMBER DAYA MANUSIA, KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA NELAYAN TERHADAP PERKEMBANGAN PERFORMANCE PRODUCTIFITY PADA NELAYAN DI REMBANG

Ningrum, Dwi Puspita (2024) ANALISIS PENGARUH LITERASI SUMBER DAYA MANUSIA, KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA NELAYAN TERHADAP PERKEMBANGAN PERFORMANCE PRODUCTIFITY PADA NELAYAN DI REMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Manajemen_30402000119_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen_30402000119_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Rembang memiliki garis pantai yang luas, selain itu Indonesia juga merupakan negara maritim. Sehingga isu tentang business performance productifity nelayan merupakan isu yang penting karena berkaitan dengan pencapaian kerja masyarakat. Adapun fenomena yang terjadi adalah penurunan tingkat performa produksi hasil tangkpaan laut di Rembang. Nelayan merupakan pekerjaan yang cukup beresiko, sehingga membutuhkan skill, literasi serta kondisi kesehatan keselamatan kerja yang baik. Dengan adanya fenomena yang ada, maka dibutuhkan analisa untuk menjelaskan fenomena yang terjadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari kuisioner kepada 245 responden yang berada di Rembang dan berprofesi sebagai nelayan serta memiliki perahu. Jenis data yang didaptkan berupa cross section data atau data yang diperoleh dalam satu waktu tertentu. Data diolah dengan SmartPLS. Temuan penelitian ini adalah (1) literasi berpengaruh positif signifikan terhadap business performance productivity pada nelayan di Rembang, (2) terdapat pengaruh positif signifikan antara kesehatan dan keselamatan kerja terhadap business performance productivity pada nelayan di Rembang, (3) literasi berpengaruh positif signifikan terhadap skill nelayan di Rembang. Dan (4) terdapat pengaruh antara skill terhadap business performance productivity pada nelayan di Rembang. Kata Kunci : performance productifity, literasi sumber daya manusia, keselamatan dan kesehatan kerja, skill sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2024 02:12
Last Modified: 16 May 2024 02:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33738

Actions (login required)

View Item View Item