Reza, Muhammad Salman Ali (2024) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERKAIT PERBEDAAN HARGA PADA WAKTU PEMBAYARAN DI MINIMARKET. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Ilmu Hukum_30302000221_fullpdf.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
Ilmu Hukum_30302000221_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
Abstract
Fenomena perbedaan harga pada waktu pembayaran seringkali menjadi masalah yang mempengaruhi keadilan dan kepercayaan konsumen dalam bertransaksi di minimarket. Tujuan dari penelitian ini yaitu satu, mengidentifikasi dan menganalisis secara mendalam bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen terkait perbedaan harga pada waktu pembayaran di minimarket. Dua, mengidentifikasi dan menganalisis apa saja faktor-faktor yang menjadi kelemahan dalam perlindungan hukum bagi konsumen terkait perbedaan harga pada waktu pembayaran di minimarket. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normatif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi pustaka dan analisis terhadap peraturan hukum yang relevan, kasus nyata, serta pendapat ahli dalam bidang hukum konsumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa dasar hukum perlindungan konsumen terkait perbedaan harga di minimarket terdapat dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen, namun masih terdapat kelemahan dalam penerapan dan penegakannya. Beberapa kelemahan tersebut antara lain kurangnya penegakan hukum yang efektif, dan rendahnya kesadaran konsumen tentang hak-hak mereka. Hasil dari penelitian ini yaitu satu, konsumen memiliki hak-hak yang dijamin dan dilindungi dalam transaksi belanja mereka oleh UndangUndang Nomor 8 Tahun 1999, yang menegaskan hak konsumen terkait harga yang harus dibayar dan tanggung jawab minimarket dalam menetapkan harga yang sesuai dan transparan. Dua, dalam praktik perlindungan hukum terkait perbedaan harga yang terjadi pada saat pembayaran di minimarket memiliki kelemahan di sisi penerapan serta penegakan hukumnya, dan yang menjadi salah satu faktor utama adalah kultur negara Indonesia yakni musyawarah untuk mufakat, sehingga mayoritas penyelesaian sengketa yang terjadi diselesaikan di luar badan perlindungan konsumen atau tanpa melalui mekanisme lanjutan. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Konsumen, Minimarket
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 May 2024 07:17 |
Last Modified: | 15 May 2024 07:17 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33728 |
Actions (login required)
View Item |