PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PERJANJIAN PENGIKATAN JUAL-BELI RUMAH (STUDI PENELITIAN DI PT. CIPTA NUGRAHA SENTOSA KABUPATEN KLATEN)

Fadly, Muhammad Natsir (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PERJANJIAN PENGIKATAN JUAL-BELI RUMAH (STUDI PENELITIAN DI PT. CIPTA NUGRAHA SENTOSA KABUPATEN KLATEN). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000217_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000217_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Perjanjian Pengikatan Jual-Beli merupakan kesepakatan antara setiap orang dengan pelaku pembangunan untuk melakukan jual beli yang dituangkan dalam perjanjian pendahuluan jual beli atau perjanjian pengikatan jual beli sebelum ditandatangani akta jual beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian pengikatan jual-beli rumah dan mengetahui perlindungan hukum bagi konsumen dalam perjanjian pengikatan jual beli rumah dengan PT. Cipta Nugraha Sentosa Kabupaten Klaten. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian menggunakan deskriptif analisis, sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder, metode penhumpulan data menggunakan observasi dan wawancara, metode pengumpulan data sekunder menggunakan studi kepustakaan dan studi dokumen serta metode analisis data menggunakan metode analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa pelaksanaan perjanjian pengikatan jual-beli rumah di PT. Cipta Nugraha Sentosa Kabupaten Klaten melibatkan proses yang tidak hanya terstruktur dan cermat, tetapi juga mencakup serangkaian langkah-langkah yang dirancang untuk memberikan perlindungan hukum yang optimal bagi kedua belah pihak. Dengan demikian, PT. Cipta Nugraha Sentosa mengimplementasikan berbagai kebijakan dan praktik yang diterapkan oleh perusahaan menunjukkan komitmen yang mendalam terhadap keamanan dan kepercayaan konsumen. Perlindungan hukum bagi konsumen dalam perjanjian pengikatan jual beli rumah di PT. Cipta Nugraha Sentosa Kabupaten Klaten melalui partisipasi aktif dalam pembahasan tentang perkembangan hukum, tidak hanya memperkuat posisinya sebagai pengembang yang bertanggung jawab, tetapi juga memperkuat kepercayaan konsumen dan pemangku kepentingan lainnya terhadap merek mereka. Kata Kunci: Perjanjian Pengikatan Jual-Beli, Perlindungan Hukum, Rumah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2024 07:15
Last Modified: 15 May 2024 07:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33726

Actions (login required)

View Item View Item