ANALISIS YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA (Studi kasus Putusan Nomor : 182/Pid.B/2023/PN.Smg)

Chanif, Muchamad Faisal (2024) ANALISIS YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA (Studi kasus Putusan Nomor : 182/Pid.B/2023/PN.Smg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000186_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000186_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)

Abstract

Pencurian dengan kekerasan memang merupakan kejahatan yang meresahkan masyarakat. Orang yang melakukan tindak pidana tersebut memang dari unsur pemaksaan terhadap dirinya. Orang tersebut berani melakukan hal tersebut karena lemahnya perekonomian dan selalu mengharapkan kekayaan yang mengambil dari milik orang lain. Seperti yang akan dibahas dalam susunan skripsi ini mengenai kasus tindak pidana kekerasan yang dilakukan secara bersama-sama putusan nomor 182/Pid.B/PN.Smg Penelitian ini memuat objeknya mengenai tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang dilakukan secara bersama-sama, menggunakan jenis penelitian hukum yuridis-normatif, artinya penelitian hukum yang diteliti hanya menggunakan data sekunder atau bahan pustaka. Permasalahan yang ingin penulis kaji adalah bagaimana tahapan pelaksanaan proses perkara putusan nomor 182/Pid.B/PN.Smg berdasarkan hukum acara pidana dan apa saja faktor yang menyebabkan keinginan seseorang untuk melakukan kejahatan tersebut. Keputusan hakim dalam menjatuhkan hukuman didasarkan pada pertimbangan yuridis dan non yuridis. Pertimbangan yuridis meliputi bukti-bukti yang sah dan meyakinkan yang menunjukkan bahwa terdakwa secara jelas memenuhi seluruh unsur tindak pidana pencurian dengan kekerasan sebagaimana diatur dalam pasal 365 ayat (2) ke-2e KUHP. Sedangkan pertimbangan non-yuridis menyangkut nilai-nilai sosial dan penilaian terhadap sifat terdakwa, serta faktor-faktor yang dapat memperberat atau meringankan pidana yang akan dijatuhkan oleh hakim. Putusan Majelis Hakim terhadap para Terdakwa dengan Pidana penjara masing-masing selama 1(satu) tahun dan 6(enam) bulan. Kata Kunci ; Pencurian; Dengan Kekerasan; Secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2024 06:36
Last Modified: 15 May 2024 06:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33718

Actions (login required)

View Item View Item