TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENIPUAN SEPEDA MOTOR DI WILAYAH HUKUM PURWODADI (Studi Putusan Pengadilan Negeri Purwodadi Nomor 188/Pid.B/2021/PN Pwd )

Kumara, Indra Cahaya (2024) TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENIPUAN SEPEDA MOTOR DI WILAYAH HUKUM PURWODADI (Studi Putusan Pengadilan Negeri Purwodadi Nomor 188/Pid.B/2021/PN Pwd ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000156_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000156_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Setiap perbuatan yang melawan hukum seperti tindak penipuan penipuan sepeda motor di wilayah purwodadi dapat dikenakan pemidanaan terhadap pelaku tindak pidana penipuan. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui penerapan hukum materiil terhadap pelaku tindak pidana penipuan sepeda motor pada putusan Pengadilan Negeri Purwodadi dan mengetahui pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana penipuan sepeda motor di Pengadilan Negeri Purwodadi. Tujuan dari penelilitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan hukum pidana materiil terhadap pelaku tindak pidana penipuan sepeda motor di wilayah Purwodadi serta mengetahui pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana penipuan di wilayah Purwodadi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif yang mempunyai arti pendekatan yang dilakukan berdasarkan bahan hukum utama dengan cara menelaah teoriteori, konsep- konsep, asas-asas hukum serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini. Pendekatan ini dikenal pula dengan pendekatan kepustakaan, yakni dengan mempelajari buku-buku, peraturan perundang-undangan dan dokumen lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pemidanaan terhadap pelaku tindak pidana penipuan sepeda motor yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Purwodadi Nomor: 188/Pid.B/2021/PN.Pwd, dengan dihadirkannya saksi-saksi dan barang bukti, menyatakan terbukti secara sah dan meyakini bersalah melakukan tindak pidana penipuan sepeda motor dan menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun 2 (dua) bulan sebagaimana diatur dalam Pasal 378 tentang penipuan. Adapun Pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana penipuan sepeda motor pada putusan Pengadilan Negeri Purwodadi Nomor: 188/Pid.B/2021/PN.Pwd adalah dalam menjatuhkan pidana terhadap terdakwa telah mempertimbangkan keadaan yang memberatkan dan meringankan. Keadaan yang memberatkan yaitu Perbuatan Terdakwa meresahkan masyarakat, Terdakwa sebelumnya pernah dipidana dan Keadaan yang meringankan Terdakwa mengakui perbuatannya, Terdakwa menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi. Kata kunci: pemidanaan, pelaku, penipuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 May 2024 07:38
Last Modified: 13 May 2024 07:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33712

Actions (login required)

View Item View Item