ANALISIS KOMPARATIF PERATURAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE DI INDONESIA, SINGAPURA, DAN MALAYSIA

Najati, Fia Agustina (2024) ANALISIS KOMPARATIF PERATURAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE DI INDONESIA, SINGAPURA, DAN MALAYSIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000140_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000140_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Perlindungan konsumen khususnya dalam hal transaksi e-commerce merupakan hal krusial yang perlu diperhatikan, mulai dari regulasi, kelembagaan, hingga penerapannya. Tak dapat dipungkiri, perlindungan konsumen di Indonesia kurang menjadi prioritas pemerintah. Terlihat dengan regulasi nya yang sudah lawas, kewenangan kelembagaan yang tumpeng tindih, hingga penerapan dalam penegakan hukum yang kurang efektif. Oleh karena itu, diperlukan adanya pembaharuan dengan melakukan analisis komparatif antar negara, misalnya dengan Singapura dan Malaysia. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian yuridis normatif-komparatif dengan pendekatan komparatif makro (macrocomparative approach). Adapun spesifikasi penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif analitis dan sumber data melalui literatur review dengan cara primer, sekunder, dan tersier. Untuk teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik library search. Berdasarkan penelitian analisis komparatif peraturan perlindungan konsumen dalam transaksi e-commerce di Indonesia, Singapura, dan Malaysia, didapatkan hasil bahwasanya setiap peraturan pada masing-masing negara memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dalam regulasi maupun penerapannya. Di Indonesia sendiri, regulasi dan penerapannya masih banyak permasalahan dan perlu adanya pembaharuan khususnya dalam transaksi e-commerce (online). Dengan adanya pembaharuan regulasi transaksi e-commerce, perlindungan konsumen dalam transaksi e-commerce akan berjalan efektif. Sehingga, mencegah dan mengurangi hal-hal yang merugikan konsumen dan pelaku usaha. Kata Kunci: Analisis Komparatif, Peraturan Perlindungan Konsumen, Transaksi E-commerce, Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 May 2024 07:23
Last Modified: 13 May 2024 07:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33707

Actions (login required)

View Item View Item