PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN ATAS KETIDAKSESUAIAN BARANG YANG DITERIMA (Studi Kasus di J&T Express cabang Purwodadi)

Fazira, Era (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN ATAS KETIDAKSESUAIAN BARANG YANG DITERIMA (Studi Kasus di J&T Express cabang Purwodadi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000125_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000125_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)

Abstract

Jasa Pengiriman merupakan badan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman barang, salah satunya J&T Express. Dalam pengiriman barang pastinya ada beberapa keluhan terkait pengiriman barang, dan masih banyak konsumen yang kebingungan sebenarnya siapa yang bertanggung jawab terhadap hal ini. Indonesia telah memiliki peraturan perundang-undangan yang melindungi konsumen yaitu Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlidungan Konsumen. Namun dalam kenyataannya di lapangan tidak sesuai dengan Undang-Undang. Karena J&T Express dalam syarat dan ketentuan terkait batas waktu klaim ganti rugi tidak sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Seharusnya pihak J&T Express bertanggung jawab atas kerugian yang timbul sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen terkait ketidaksesuaian barang yang diterima serta hambatan dari kasus ketidaksesuaian barang yang diterima melalui jasa pengiriman J&T Express cabang Purwodadi dan solusinya. Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis dengan melakukan studi lapangan secara langsung terhadap objek maupun subjek yang diteliti. Tujuannya ialah untuk dapat mengetahui realita yang terjadi di tengah masyarakat. Metode ini juga digunakan untuk mempermudah peneliti dalam melakukan analisis untuk mengetahui solusi ataupun penyelesaian masalah serta hambatan yang kerap dihadapi oleh konsumen terkait ketidaksesuaian barang yang diterima. Perlindungan Hukum terhadap konsumen dalam kasus ketidaksesuaian barang, dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Pasal 4 ayat (8) menyatakan bahwa konsumen yang dirugikan karena barang tidak sesuai pesanan berhak mendapatkan kompensasi, ganti rugi, atau pengembalian barang. Solusi untuk J&T Express cabang Purwodadi yaitu dengan mengembangkan kebijakan yang jelas mengenai hak-hak konsumen terkait pengembalian atau ganti rugi barang yang tidak sesuai. Kebijakan tersebut perlu dijelaskan dengan rinci dan mudah dipahami oleh konsumen, serta memberikan informasi yang memadai tentang prosedur pengembalian dan klaim ganti rugi sesuai peraturan di J&T Express cabang Purwodadi Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Konsumen, J&T Express, Ganti Rugi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 May 2024 07:11
Last Modified: 13 May 2024 07:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33700

Actions (login required)

View Item View Item