MODEL PENINGKATAN IMPULSE BUYING STUDI KASUS DEPARTMENT STORE DI SEMARANG

Yulfa, Nur Roehana (2024) MODEL PENINGKATAN IMPULSE BUYING STUDI KASUS DEPARTMENT STORE DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Manajemen_30402000275_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Manajemen_30402000275_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membentuk model peningkatan impulse buying dengan berbasis pada hedonic shopping motivation, positive emotion dan shopping lifestyle. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang pernah berbelanja secara tidak terencana di Department Store yang berada di Semarang. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara offline di Department Store di Semarang. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan paket program SPSS 25 dan untuk menguji pengaruh variabel intervening menggunakan uji sobel. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hedonic shopping motivation berpengaruh positif secara signifikan terhadap impulse buying. Positive emotion berpengaruh positif secara signifikan terhadap impulse buying. Hedonic shopping motivation berpengaruh positif secara signifikan terhadap impulse buying. Hedonic shopping motivation berpengaruh positif secara signifikan terhadap shopping lifestyle. Shopping lifestyle berpengaruh positif secara signifikan terhadap impulse buying. Hasil untuk pengaruh tidak langsung yaitu positive emotion mampu memediasi hedonic shopping motivation terhadap impulse buying. Shopping lifestyle mampu memediasi hedonic shopping motivation terhadap impulse buying. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan manajemen pemasaran dan secara praktis juga bermanfaat bagi pemasar untuk menentukan strategi yang tepat untuk membuat konsumen melakukan impulse buying. Kata Kunci : Hedonic Shopping Motivation, Positive Emotion, Shopping Lifestyle dan Impulse Buying.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 May 2024 06:43
Last Modified: 10 May 2024 06:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33682

Actions (login required)

View Item View Item