PERAN KEPOLISIAN SEKTOR TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN BUAH KELAPA SAWIT DI WILAYAH HUKUM KECAMATAN KOTAWARINGIN LAMA (Studi Kasus POLSEK KOTAWARINGNIN LAMA)

DARMAWAN, DIKO DWI (2024) PERAN KEPOLISIAN SEKTOR TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN BUAH KELAPA SAWIT DI WILAYAH HUKUM KECAMATAN KOTAWARINGIN LAMA (Studi Kasus POLSEK KOTAWARINGNIN LAMA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000113_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000113_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis meneliti mengenai tentang Tindak Pidana pencurian buah kelapa sawit yang terjadi di wilayah hukum Polsek Kotawaringin Lama. Tindak pidana pencurian buah kelapa sawit yang terjadi sangat menggangu keamanan dan ketertiban masyarakat, tindak pidana pencurian buah kelapa sawit ini merupakan masalah yang sangat merugikan banyak pihak, diantaranya pemilik kebunan kelapa sawit, tindak pidana pencurian adalah jenis tindak pidana yang paling sering terjadi ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Penelitian ini mengangkat masalah pokoknya adalah peran kepolisian sektor dalam menangani masalah kasus tindak pidana pencurian buah kelapa sawit di wilayah hukum Polsek Kotawaringin Lama dan bagaimana kendala, solusi serta saran dari kepolisian sektor dalam menangani kasus tindak pidana pencurian kelapa sawit di wilayah hukum Polsek Kotawaringin Lama. Jenis penelitian yang digunakan dalam metode penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis dengan melakukan wawancara secara langsung. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu menggambarkan dan menulis fakta yang diteliti dilapangan tentang penanggulangan tindak pidana pencurian kelapa sawit di wilayah hukum Polsek Kotawaringin Lama. Kepolisian sektor atau Polsek Kotawaringin lama memiliki peran besar tehadap masyarakat, salah satunya memberikan keamanan terhadap warga serta pula keamanan wilayah tersebut. Peran kepolisian sektor Kotawaringin Lama dalam penanggulangan tindak pidana pencurian berupa dengan tindakan yang bersifat preventif dan represif. Faktor yang paling sering dijadikan alasan bagi pelaku tindak pidana pencurian kelapa sawit adalah faktor ekonomi, disertai dengan faktor lingkungan. Tindak pidana pencurian kelapa sawit pada pokoknya diatur didalam pasal 362 KUHP dan tindak pidana pencurian ringan diatur pada pasal 364 KUHP yang disesuaikan berdasarkan peraturan mahkamah agung No 2 Tahun 2012 tentang penyesuaian batasan tindak pidana ringan dan jumlah denda dalam KUHP. Kata Kunci: Peran Kepolisian, Tindak Pidana Pencurian, Kelapa Sawit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 09:45
Last Modified: 17 May 2024 09:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33659

Actions (login required)

View Item View Item