PERJANJIAN PINJAM MEMINJAM DENGAN JAMINAN FIDUSIA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM (Studi Kasus di Koperasi Simpan Pinjam Rejo Agung Sukses Semarang)

ARETA, AZZAHRA LINTANG (2024) PERJANJIAN PINJAM MEMINJAM DENGAN JAMINAN FIDUSIA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM (Studi Kasus di Koperasi Simpan Pinjam Rejo Agung Sukses Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000072_fullpdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000072_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)

Abstract

Perjanjian pinjam-meminjam dengan jaminan fidusia dapat berjalan dengan aman ketika sudah dilakukan pembebanan benda dengan jaminan fidusia yang dibuat dengan Akta Jaminan Fidusia yang kemudian didaftarkan ke Kantor Pendaftaran Fidusia hingga dikeluarkannya Sertifikat Jaminan Fidusia. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian pinjam-meminjam dengan jaminan fidusia, dan untuk mengetahui perlindungan hukum bagi kreditur dalam pelaksanaan perjanjian pinjammeminjam pada Koperasi Simpan Pinjam Rejo Agung Sukses Semarang. Untuk mencapai tujuan penelitian, penulis menggunakan metode penelitian yang bersifat yuridis empiris. Penelitian dilakukan dengan menganalisis Peraturan Perundang Undangan yang bersifat normatif dan menganalisis perilaku masyarakat yang berhubungan dengan aspek ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Penelitian dilakukan untuk menjelaskan permasalahan yang sedang terjadi di masyarakat dengan tujuan mengidentifikasi fakta yang yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak Koperasi Simpan Pinjam Rejo Agung Sukses Semarang. Hasil penelitian menunjukan (1)bahwa perjanjian pinjam-meminjam dengan jaminan fidusia di Koperasi Simpan Pinjam Rejo Agung Sukses Semarang berbentuk akta otentik menggunakan jasa dari Notaris. Dengan demikian maka kesepakatan dalam perjanjian pinjam-meminjam akan secara langsung dilakukan oleh Notaris. Sedangkan Koperasi Simpan Pinjam Rejo Agung Sukses Semarang hanya melakukan pengawalan pengikatan. (2)di dalam Pasal 27 UUJF menjelaskan bahwa fungsi yuridis jaminan fidusia yang dinyatakan dalam Sertifikat Jaminan Fidusia semakin menguatkan kedudukan koperasi sebagai kreditur. Perlindungan hukum dan kepentingan kreditur dijelaskan dalam Pasal 20 UUJF dan Pasal 23 Ayat (2) UUJF yang diperkuat dengan sanksi yang dijelaskan dalam Pasal 36 UUJF Kata kunci : Perjanjian, Pinjam-meminjam, Jaminan fidusia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2024 02:26
Last Modified: 21 May 2024 02:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33644

Actions (login required)

View Item View Item