ANALISIS YURIDIS PUTUSAN MAJELIS HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA PERBUATAN CABUL ANAK DIBAWAH UMUR (STUDI KASUS PENGADILAN NEGERI SEMARANG PERKARA NOMOR 92/PID.SUS/2022/PN SMG)

Hapsari, Aulia Rizky (2024) ANALISIS YURIDIS PUTUSAN MAJELIS HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA PERBUATAN CABUL ANAK DIBAWAH UMUR (STUDI KASUS PENGADILAN NEGERI SEMARANG PERKARA NOMOR 92/PID.SUS/2022/PN SMG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000065_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000065_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)

Abstract

Tindak pidana pencabulan merupakan bagian dari kejahatan terhadap kesusilaan, dimana perbuatan cabul tersebut tidak terjadi pada orang dewasa tetapi juga terjadi pada anak dibawah umur. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: Pertama, untuk mengetahui dan menganalisis mengenai faktorfaktor pertimbangan majelis hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku tindak pidana pencabulan anak, Kedua mengetahui dan menganalisis hambatan yang dihadapi majelis hakim dalam tindak pidana perbuatan cabul anak beserta solusinya dalam perkara nomor 92/Pid.Sus/2022/PN SMG. Penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, untuk mengetahui informasi dan melakukan penelitian di lapangan guna mengetahui secara lebih jauh mengenai permasalahan yang akan dibahas. Sumber bahan hukum yang digunakan terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Hasil penelitian dan pembahasan dalam penulisan ini adalah Terdakwa perkara nomor 92/Pid.Sus/2022/PN Smg terbebas dari dakwaan primair karena kurangnya bukti dan adanya demonstran dari Lembaga Swadaya Masyarakat yang membuat hakim tertekan selama masa persidangan. Tetapi ada beberapa solusi yang bisa dihadapi oleh para hakim, yaitu menguatkan investigasi, transparansi dalam proses hukum, mengedukasi masyarakat, dan bersifat netral di pengadilan. Kata Kunci: Tindak Pidana, Pencabulan, Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 May 2024 03:13
Last Modified: 07 May 2024 03:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33642

Actions (login required)

View Item View Item