TINJAUAN YURIDIS PERAN KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA DALAM PENEGAKAN HUKUM TAWURAN PELAJAR DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus : Polsek Genuk Semarang)

SUHAIMI, ASSUFIA (2024) TINJAUAN YURIDIS PERAN KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA DALAM PENEGAKAN HUKUM TAWURAN PELAJAR DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus : Polsek Genuk Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000063_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000063_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)

Abstract

Penelitian ini, berjudul “Tinjauan Yuridis Peran Kepolisian Republik Indonesia Dalam Penegakan Hukum Tawuran Pelajar Di Kota Semarang” ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peranan Kepolisian Dalam Penegakan Hukum Tawuran Pelajar di Kawasan Hukum Polsek Genuk Semarang serta Hambatan Dan Solusi Dari Kepolisian Dalam Penegakan Hukum Tawuran Pelajar di Kawasan Hukum Polsek Genuk Semarang. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis.Sumber data diperoleh dari beberapa tahapan yaitu melalui penelitian lapangan (wawancara) dan penelitian pustaka. analisis data dengan cara sistematis meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penegakan hukum tawuran di kawasan hukum Polsek Genuk semarang, pihak kepolisian menerapkan 3 metode yaitu Preventif, Pre-Emptif, dan Represif. Sedangkan beberapa faktor yang menjadi hambatan yaitu Faktor Rendahnya Partisipasi Masyarakat, Faktor Aparat Penegak Hukum, Faktor Pihak Sekolah dan Orangtua Yang Tidak Memberikan Sanksi Tegas, dan Faktor Tawuran Sudah di Anggap budaya. Untuk menyelesaikan Hambatan yang ada pihak, Polisi mengadakan penyuluhan kesekolah-sekolah serta menempatkan Personil untuk mencegah terjadinya tawuran dan berkoordinasi kepada pihak sekolah dan orang tua agar tidak membiarkan para siswa berkeliaran sepulang sekolah. Kata Kunci : Peranan Kepolisian, Pelajar, Tawuran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 May 2024 03:12
Last Modified: 07 May 2024 03:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33641

Actions (login required)

View Item View Item