ANALISIS YURIDIS MENGENAI PEMBAGIAN HARTA BERSAMA AKIBAT PUTUSAN PERCERAIAN (Studi Kasus Terhadap Putusan Pengadilan Agama Brebes Nomor 1054/Pdt.G/2023/PA.Bbs)

Berliana, Ade (2024) ANALISIS YURIDIS MENGENAI PEMBAGIAN HARTA BERSAMA AKIBAT PUTUSAN PERCERAIAN (Studi Kasus Terhadap Putusan Pengadilan Agama Brebes Nomor 1054/Pdt.G/2023/PA.Bbs). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000019_fullpdf.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000019_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)

Abstract

Pembagian harta bersama merupakan hal yang penting bagi pasangan suami istri yang memutuskan perkawinan atau cerai. Tetapi, masih banyak masyarakat yang tidak memahami pembagian harta bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami mengenai prosedur dan alur persidangan pembagian harta bersama dan pembagian harta bersama akibat perceraian dalam Putusan Pengadilan Agama Brebes dengan Nomor Perkara 1054/Pdt.G/2023/PA.Bbs. Dengan hal tersebut, penelitian ini membahas tentang pembagian harta bersama akibat putusan perceraian. Adapun penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris dan spesifikasi menggunakan deskriptif-normatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan sumber data penelitian menggunakan data sekunder berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Metode pengumpulan data dilakukan dengan membaca dan mempelajari literatur dari buku, jurnal, artikel dan lainnya serta sebagai pendukung literatur dilakukan dengan melakukan wawancara. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pembagian harta bersama harus mengajukan gugatan terlebih dengan melengkapi semua berkas dan persyaratan untuk menghindari adanya cacat formil dan alur persidangan harus diikuti oleh para pihak atau dengan diwakilkan oleh wali/kuasa hukum nya dan menaati aturan persidangan untuk mendapatkan putusan yang adil sesuai hukum yang berlaku. Pembagian harta bersama akibat perceraian dalam Putusan Pengadilan Agama Brebes Nomor 1054/Pdt.G/2023/PA.Bbs pada kenyataannya tidak sesuai dengan Kompilasi Hukum Islam dimana masing-masing pihak mendapatkan seperdua harta bersama, tetapi dikarenakan kedua belah pihak sepakat menandatangani akta perdamaian yang memiliki kekuatan hukum maka pembagian harta bersama tetap dikatakan tepat dan adil. Kata Kunci : Pembagian, Harta Bersama, Pengadilan Agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 20 May 2024 06:49
Last Modified: 20 May 2024 06:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33630

Actions (login required)

View Item View Item