PERTIMBANGAN HAKIM DALAM KASUS PENUTUPAN AKSES JALAN WARGA SECARA SEPIHAK OLEH PEMILIK TANAH (PUTUSAN NOMOR 14/Pdt.G/2021/PN.PG)

Dinaka, Achmad Alies (2024) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM KASUS PENUTUPAN AKSES JALAN WARGA SECARA SEPIHAK OLEH PEMILIK TANAH (PUTUSAN NOMOR 14/Pdt.G/2021/PN.PG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000018_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)

Abstract

Warga negara Indonesia memiliki hak atas tanah yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria. Warga negara Indonesia dapat memiliki hak milik atas tanah, hak guna usaha, hak guna bangunan, dan hak pakai. Penting untuk dicatat bahwa meskipun ada kebebasan dalam kepemilikan dan penggunaannya atas tanah tersebut tetapi harus tetap tunduk pada batasan-batasn hukum serta regulasi tertentu yang ditetapkan oleh pemerintahan setempat maupun Badan Pertahan Nasional (BPN).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan Hakim dalam kasus penutupan akses jalan warga secara sepihak oleh pemilik tanah berdasarkan putusan nomor 14/Pdt.G/2021/PN.PG. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris yaitu penelitian hukum lapangan, dimana penelitian hukum sebagai penelitian empiris dapat direalisasikan dengan penelitian terhadap efektifitas hukum yang sedang berlaku di masyarakat. Dalam penelitian ini, spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Sumber data penelitian mengunakan data premier dan sekunder berupa bahan hukum primer, bahan hukum skunder, dan bahan hukum tersier. Metode pengumpulan data dengan cara mengumpulkan dan mendapatkan data melalui wawancara, observasi, jurnal, serta melakukan penelusuran di internet dan bahan- bahan lain yang berkaitan dengan penulisan skripsi ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini dapat diketahui Permasalahan ini muncul yaitu sekitar bulan November tahun 2020, dimana Bagus Roby Janto merupakan anak dari Sudoko Harijanto, tanpa ijin dan persetujuan dari warga setempat membangun bangunan tambahan di atas jalan gang yang menuju jalan gajah mada. Warga mengajukan keberatan dan mengajukan penolakan atas pembangunan bangunan tambahan tersebut, karena dibangun di atas jalan yang merupakan jalan akses utama para warga. Hasil pertimbangan Hakim melihat dari pemeriksaan setempat yang dilakukan oleh majelis Hakim terhadap objek sengketa pada hari Selasa, 15 Juni 2021, maka gugatan para penggugat harus ditolak untuk seluruhnya karena para penggugat atau para tergugat rekonpensi berada pada pihak yang kalah. Kata Kunci : Pertimbangan Hakim, Akses Jalan, Tanah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 May 2024 02:51
Last Modified: 07 May 2024 02:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33629

Actions (login required)

View Item View Item