HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN TINGKAT RELIGIUSITAS DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT DAN KONTROL GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DM

Uly, Rizkiyah Dewi (2024) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN TINGKAT RELIGIUSITAS DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT DAN KONTROL GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
30902000192_fullpdf.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit metabolik kronis yang memerlukan manajemen mandiri untuk mencegah komplikasi akut dan mengurangi risiko komplikasi kronis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan keeratan hubungan antara self efficacy dan tingkat religiusitas dengan kepatuhan minum obat dan kontrol glukosa darah pada pasien diabetes mellitus Metode : Jenis penelitian ini menggunakan cross-sectional. sampel diambil menggunakan incidental sampling dengan jumlah sampel 70 responden, data diperoleh menggunakan lembar kuesioner Hasil : Dari hasil uji sommers dan lambda antara self efficacy dengan kepatuhan minum obat diperoleh nilai p=0,0001 (<0,05) dan r 0,780, tingkat religiusitas dengan kepatuhan minum obat diperoleh nilai p=0,0001 (<0,05) dan r 0.825, dari uji, self efficacy dengan kontrol glukosa dperoleh nilai p=0,0001 (<0,05) dan r 0.455, tingkat religiusitas dengan kontrol glukosa darah diperoleh nilai p=0,0001 (<0,05) dan r 0.485. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan dan keeratan hubungan antara self efficacy dengan kepatuhan minum obat, tingkat religiusitas dengan kepatuhan minum obat, self efficacy dengan kontrol glukosa darah dan tingkat religiusitas dengan kontrol glukosa darah pada penderita diabetes melitus. Simpulan : Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan dan keeratan hubungan antara self efficacy dengan kepatuhan minum obat, tingkat religiusitas dengan kepatuhan minum obat, self efficacy dengan kontrol glukosa darah dan tingkat religiusitas dengan kontrol glukosa darah pada penderita diabetes melitus. Kata Kunci : Self efficacy, Tingkat Religiusitas, Kepatuhan Minum Obat, dan Kontrol glukosa darah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 04:01
Last Modified: 17 May 2024 04:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33611

Actions (login required)

View Item View Item