TINJAUAN YURIDIS EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN OBJEK TANAH DAN BANGUNAN AKIBAT WANPRESTASI (Studi Putusan Nomor 212/Pdt.G/2021/PN Smg)

PUTRA, ANANG FAJRIN (2024) TINJAUAN YURIDIS EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN OBJEK TANAH DAN BANGUNAN AKIBAT WANPRESTASI (Studi Putusan Nomor 212/Pdt.G/2021/PN Smg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30301900042_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900042_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Hak tanggungan lahir karena adanya perjanjian yang mendasarinya, yaitu perjanjian pinjam-meminjam. Adanya perjanjian pinjam-meminjam mengakibatkan debitur berkewajiban untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya berupa pelunasan kepada kreditur. Apabila debitur wanprestasi, maka akan dilakukan tindakan hukum berupa eksekusi yang pada umumnya dilakukan dengan lelang Hak Tanggungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami proses eksekusi serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan eksekusi atas perkara wanprestasi dalam perjanjian pinjam-meminjam. Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan kepustakaan yang berhubungan dengan penelitian ini serta menggunakan metode analisis data kualitatif. Dengan adanya kuasa eksekutorial dalam perjanjian pinjam-meminjam, maka kreditur selaku pemegang Hak Tanggungan dapat mengambil tindakan untuk melaksanakan lelang hak atas tanah yang dibebankan Hak Tanggungan tersebut. Lelang dengan Hak Tanggungan merupakan golongan lelang eksekusi, karena didasarkan pada perjanjian pinjam-meminjam. Pelaksanaan lelang eksekusi Hak Tanggungan harus dilaksanakan sesuai dengan tata cara peraturan perundangundangan yang berlaku, sehingga terdapat kepastian hukum, baik bagi debitur, kreditur, maupun pemenang lelang. Kata Kunci: Hak Tanggungan; Wanprestasi; Pinjam-Meminjam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 20 May 2024 06:21
Last Modified: 20 May 2024 06:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33607

Actions (login required)

View Item View Item