EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DAN TERAPI SPIRITUAL TERHADAP ANSIETAS PADA IBU PRE MENOPAUSE DALAM PERSIAPAN MENGHADAPI MASA MENOPAUSE DI SRONDOL WETAN

FAIZAH, WANDA CHAMARUL (2024) EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DAN TERAPI SPIRITUAL TERHADAP ANSIETAS PADA IBU PRE MENOPAUSE DALAM PERSIAPAN MENGHADAPI MASA MENOPAUSE DI SRONDOL WETAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text
30902000227_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Perubahan fisik maupun psikologis yang dialami pada wanita menjelang menopasue dapat menimbulkan sikap atau perbuhan psikis seperti depresi, mudah curiga dan diliputi banyak kecemasan. Kecemasan dalam menghadapi masa menopause terjadi karena kurangnya kesiapan mental dan juga kurangnya pengetahuan tentang menopause itu sendiri. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan dan terapi spiritual terhadap ansietas pada ibu premenopause. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitiatif pre eksperimental dengan desain one group pre-test post-test design. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 55 orang dengan tehnik purposive sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji paired sampel t-test. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat ansietas responden sebelum diberikan pendidikan kesehatan dan terapi spiritual sebesar 21,51 dan standar deviasi 8,092. Tingkat ansietas responden sesudah diberikan pendidikan kesehatan dan terapi spiritual sebesar 11,87 dan standar deviasi 7,146. Simpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dan terapi spiritual terhadap tingkat ansietas pada ibu pre menopause di Srondol Wetan (ρ=0,00). Kata kunci : Pendidikan kesehatan, Terapi spiritual, ansietas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:46
Last Modified: 30 Apr 2024 01:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33574

Actions (login required)

View Item View Item