HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN PENGUASAAN MATERI PADA MAHASISWA FIK UNISSULA

Uyun, Qurotul (2024) HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN PENGUASAAN MATERI PADA MAHASISWA FIK UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
30902000263_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Tingkat efektivitas pembelajaran small group discussion dan penguasaan materi pada mahasiswa fakultas keperawatan tergolong rendah. Dan hal ini akan menurunnya pemahaman dan efektivitas dalam pembelajaran dengan metode small group discussion. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi hubungan antara efektifitas pembelajaran small group discussion dengan penguasaan materi. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik cross sectional study. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 150 responden dengan Simple Random Sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan rumus spearmen rank. Hasil : Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 150 responden dengan jenis kelamin perempuan sebanyak 92,7%, dengan karakteristik umur responden dengan rata-rata 19,95 tahun. Hasil penelitian juga menunjukkan 97,3% responden menunjukkan efektif, 2,7% menunjukkan tidak efektif dan 94,7% memiliki kategori paham, 5,3% tidak paham terhadap materi. Simpulan : Terdapat hubungan antara efektifitas pembelajaran small group discussion dengan penguasaan materi ( p value kurang dari 0,05) Kata Kunci : Pembelajaran Small Group Discussion, Efektivitas, Penguasaan materi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 May 2024 03:29
Last Modified: 07 May 2024 03:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33538

Actions (login required)

View Item View Item