PENJATUHAN PIDANA PELAKU TINDAK PIDANA PENGHINAAN TERHADAP ANGGOTA SATUAN LALU LINTAS POLRES PEKALONGAN KOTA MELALUI MEDIA SOSIAL(Putusan No.259/Pid.Sus/2018/PN.Pkl, di Pengadilan Negeri Pekalongan)

BRAMANTO, DWIKY AULIA (2024) PENJATUHAN PIDANA PELAKU TINDAK PIDANA PENGHINAAN TERHADAP ANGGOTA SATUAN LALU LINTAS POLRES PEKALONGAN KOTA MELALUI MEDIA SOSIAL(Putusan No.259/Pid.Sus/2018/PN.Pkl, di Pengadilan Negeri Pekalongan). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302100152_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302100152_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji dan menganalisis “(1) Bagaimana bentuk penghinaan yang terjadi di media sosial terhadap Anggota Satlantas Polres Pekalongan Kota sudah memenuhi unsur tindak pidana dalam KUHP dan Ketentuan Pidana di Luar KUHP, dan (2) Bagaimana pertimbangan hakim terkait teori keadilan dalam penjatuhan pidana pelaku tindak pidana penghinaan Anggota Satlantas Polres Pekalongan Kota berdasarkan unsur-unsur tindak pidana dalam KUHP dan Ketentuan di Luar KUHP, yang terkait Informasi dan Transaksi Elektronik diatur dalam Undang-Undang No.19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU-ITE) belum ada unsur HAM, hakim memutus perkara “pencemaran nama baik” terkait Pasal 13 Undang-Undang No.39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (UUHAM) dan pertimbangan hakim dalam memutus pelanggaran Informasi dan Transaksi Elektronik yang terbaik bagi kepentingan kedua belah pihak dan tidak ada yang dirugikan. Metode pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu yuridis sosiologis. Penelitian ini bersifat deskritif analitis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari lapangan atau dari sumber pertama dan belum diolah oleh pihak lain. Sedangkan data sekunder diperoleh dari penelitian kepustakaan yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan pertimbangan hakim terkait teori keadilan dalam penjatuhan pidana pelaku tindak pidana penghinaan Anggota Satlantas Polres Pekalongan Kota berdasarkan unsur-unsur tindak pidana dalam KUHP dan Ketentuan Pidana di Luar KUHP yaitu pertimbangan yuridis, terdiri dari : surat dakwaan, tuntutan pidana, alat bukti dan barang bukti maupun pertimbangan non yuridis, terdiri dari : akibat perbuatan terdakwa, kondisi terdakwa, peran/kedudukan terdakwa dan fakta persidangan. Kata Kunci : Undang – Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pencemaran Nama Baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:19
Last Modified: 30 Apr 2024 02:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33534

Actions (login required)

View Item View Item