EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH PERTAMA KALI MELALUI PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP DI DESA KALANG LUNDO KECAMATAN NGARINGAN KABUPATEN GROBOGAN

ISTIANA, SOLEKAH (2024) EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH PERTAMA KALI MELALUI PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP DI DESA KALANG LUNDO KECAMATAN NGARINGAN KABUPATEN GROBOGAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Kenotariatan_21302200086_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Kenotariatan_21302200086_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)

Abstract

Dalam Rangka terdaftarnya bidang tanah di di desa Kalanglundo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan Kantor Pertanahan Melaksanakan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap yang dilaksanakan pada tahun 2021 dengan Dasar hukum pelaksanaan PTSL adalah Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Seluruh Wilayah Republik Indonesia dan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk Mengetahui dan Menganalisis efektifitas pelaksanaan Pendaftaran Tanah pertama kali melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di desa Kalanglundo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan. (2) Untuk mengetahui Kendala pelaksanaan pendaftaran tanah pertama kali melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di desa Kalanglundo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan dan solusinya. Jenis penelitian adalah jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan menggunakan metode pendekatan yuridis Sosiologis, teknik pengumpulan datanya melalui studi kepustakaan dan lapangan dan dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Teori yang yang digunakan adalah teori efektifitas hukum dan teori bekerjanya hukum di dalam masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Pertama Kali program Pendftaran Tanah Sistematis Lengkap yang telah dilakukan di Desa Kalanglundo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan telah sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria danTata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia No. 6 Tahun 2018 sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Namun dalam pelaksanaannya masih dijumpai hambatan dalam pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, baik dalam data fisik maupun data yuridis. Kata Kunci: Pendaftaran Tanah pertama kali, Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Desa Kalanglundo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:58
Last Modified: 30 Apr 2024 01:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33523

Actions (login required)

View Item View Item