TANGGUNG JAWAB NOTARIS TERHADAP AKTA YANG TIDAK DIBACAKAN, KEDUDUKAN AKTANYA DAN SANKSI BAGI NOTARIS YANG TIDAK MEMBACAKAN AKTA YANG DIBUATNYA

PRANOTO, MULYO (2024) TANGGUNG JAWAB NOTARIS TERHADAP AKTA YANG TIDAK DIBACAKAN, KEDUDUKAN AKTANYA DAN SANKSI BAGI NOTARIS YANG TIDAK MEMBACAKAN AKTA YANG DIBUATNYA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Kenotariatan_21302200064_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Kenotariatan_21302200064_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)

Abstract

Notaris berkewajiban untuk memberikan kepastian hukum dan memastikan bahwa apa yang terdapat pada akta notaris benar-benar dapat dimengerti dan sudah sesuai dengan apa yang dikehendaki para pihak, Kewajiban Notaris untuk membacakan akta yang dibuatnya serta menerangkan keadaan para pihak apabila akta tidak dibacakan dihadapan para pihak pada penutup akta sesuai Undang-Undang. Bahwa apabila terjadi kesalahan pemahaman para pihak atas akta yang dibuat dan menyebabkan ketidakjelasan atas akta yang dibuat, maka kedudukan akta notaris tersebut patut untuk dipertanyakan serta tanggung jawab Notaris yang secara sengaja tidak membacakan akta yang dibuatnya dihadapan para pihak. Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa tanggung jawab, kedudukan aktadan sanksi bagi Notaris yang tidak membacakan akta yang dibuatnya. Adapun metode yang dipergunakan adalah metode penelitian yuridis normatif dengan pendekatan kasus, pendekatan analisis, dan pendekatan perundang–undangan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa membacakan akta merupakan suatu kewajiban, sebagai salah satu dasar akta autentik yang dibuat oleh Notaris yang apabila tidak dilaksanakan dapat mengakibatkan terjadi wanprestasi atas akta tersebut. Notaris dengan sengaja tidak membacakan akta yang dibuat dihadapan para pihak merupakan suatu pelanggaran yang mengakibatkan akta yang dibuatnya tersebut dapat menjadi batal demi hukum dan kekuatan pembuktiannya terdegradasi menjadi sebuah akta dibawah tangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:30
Last Modified: 29 Apr 2024 02:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33514

Actions (login required)

View Item View Item