PENGARUH THERAPEUTIC PEER PLAY TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK USIA SEKOLAH SELAMA HOSPITALISASI DI RUANG FIRDAUS RSI BANJARNEGARA

Ghassani, Aqmarinda Lailya (2023) PENGARUH THERAPEUTIC PEER PLAY TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK USIA SEKOLAH SELAMA HOSPITALISASI DI RUANG FIRDAUS RSI BANJARNEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
30902200245_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Anak usia sekolah dalam rentang usia 7-12 tahun sedang mengalami perkembangan fisik, sosial, kognitif dan emosional yang signifikan. Selama masa hospitalisasi, kecemasan merupakan respon dominan yang dapat mempengaruhi perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh therapeutic peer play terhadap kecemasan pada anak usia sekolah selama dirawat di ruang Firdaus RSI Banjarnegara. Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain pre and post test with control group. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner CSAS-C. Jumlah responden sebanyak 40 responden yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing 20 responden menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS dengan uji statistik Chi Square dan Mann Whitney. Hasil: Mayioritas dari subjiek pasiien anak bierada dalam rientang usia 9-10 tahun, yang miencakup 27 pasiien anak atau siekitar 67,5% dari tiotal sampiel. Pasien anak yang menjadi subjek penelitian mayoritas adalah pasien laki-laki, dengan 26 responden (65%). Pierbandingan antara pasiien anak yang miemiliki piengalaman hiospitalisasi (16 pasiien) diengan yang tidak (24 pasiien). Mayoritas pasien anak sebelum intervensi mengalami tingkat kecemasan yang tinggi, baik dalam kategori berat maupun panik. Sebanyak 58% dari total responden mengalami kecemasan berat. Selain itu, 37% dari total responden mengalami kecemasan dalam tingkat panik. kedua intervensi menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap penurunan tingkat kecemasan pasien anak, perlu dicatat bahwa Therapeutic Peer Play berdasarkan uji Chi-Square masih menunjukkan dampak yang lebih signifikan (p-value 0,001) dalam mengurangi tingkat kecemasan dibandingkan dengan perlakuan kontrol (p-value 0,002). Perbedaan signifikan hasil posttest antara kedua perlakuan dibuktikan hasil Uji Mann Whitney dengan nilai p-value 0,000 < 0,05. Simpulan: Terdapat pengaruh Therapeutic Peer Play terhadap tingkat kecemasan pada anak usia sekolah selama hospitalisasi di Ruang Firdaus RSI Banjarnegara. Kata kunci: Therapeutic Peer Play, Kecemasan, Hospitalisasi Daftar Pustaka: 46 (2004-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:57
Last Modified: 21 Feb 2024 01:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33410

Actions (login required)

View Item View Item