PENGARUH SENAM LANSIA TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MANDIRAJA I BANJARNEGARA TAHUN 2023

Setiawan, Ari (2023) PENGARUH SENAM LANSIA TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MANDIRAJA I BANJARNEGARA TAHUN 2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
30902200248_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Kondisi medis yang terjadi pada lansia umumnya berkaitan dengan penurunan kemampuan organ yang menyebabkan penyakit degeneratif, salah satunya hipertensi. Hipertensi merupakan masalah kesehatan global yang memerlukan perhatian karena dapat berakibat fatal baik di negara maju maupun negara berkembang. Karena tingginya kejadian hipertensi, pekerja kesehatan harus mengambil tindakan pencegahan. Metode pengobatan tradisional dan alternatif dapat digunakan untuk mengelola hipertensi pada lansia, senam lansia adalah salah satu caranya. Tujuan: Untuk menganalisis pengaruh senam lansia terhadap tekanan darah pada lansia dengan hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Mandiraja I Banjarnegara Tahun 2023. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi eksperimental, dengan one group pre-post test design. Sampel penelitian ini terdiri dari 33 responden lansia dengan hipertensi. uji statistik menggunakan analisis non parametrik uji Wilcoxon Signed Rank. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa p value systole dan diastole adalah 0,000 < 0,05 yang artinya ada pengaruh antara senam lansia terhadap tekanan darah pada lansia dengan hipertensi di Puskesmas Mandiraja 1 Banjarnegara. Simpulan: Responden terbanyak adalah perempuan, berpendidikan SMA. Rata-rata (mean) nilai Tekanan Darah sistole dan diastole responden setelah mengikuti Senam Lansia mengalami penurunan. Terdapat pengaruh antara senam lansia terhadap tekanan darah pada lansia dengan hipertensi di Puskesmas Mandiraja 1 Banjarnegara. Kata kunci : Senam Lansia, Hipertensi, Penurunan Tekanan Darah Daftar Pustaka : 32 (2016-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:58
Last Modified: 21 Feb 2024 01:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33408

Actions (login required)

View Item View Item