PENGARUH KOMBINASI THERMOTHERAPY DAN DZIKIR TERHADAP INTENSITAS NYERI DAN KENYAMANAN PADA PASIEN SINDROM KORONER AKUT (SKA) DI RUANG ICU

Budiarto, Budiarto (2023) PENGARUH KOMBINASI THERMOTHERAPY DAN DZIKIR TERHADAP INTENSITAS NYERI DAN KENYAMANAN PADA PASIEN SINDROM KORONER AKUT (SKA) DI RUANG ICU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
30902200251_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Keluhan utama pasien Sindrom Koroner Akut adalah nyeri. Nyeri pada jantung harus segera mendapat penanganan agar tidak terjadi kerusakan jantung yang irreversible. Nyeri dada yang tidak terkontrol juga menyebabkan ketidaknyamanan pada pasien. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh kombinasi thermotherapy dan dzikir terhadap intensitas nyeri dan kenyamanan pada pasien SKA di ruang ICU. Metode: Penelitian kuantitatif pre-eksperimen one-grup pra post-test design. Sampel 18 pasien SKA dengan teknik purposive sampling. Kriteria inklusi pasien beragama Islam, sadar compos mentis, nyeri skala 1-6. Instrumen menggunakan rekam medis, Numeric Rating Scale, dan Shorted General Comfort Questionaire. Analisis univarate menggunakan distribusi frekuensi dan rata-rata, analisis bivariate dengan uji Paired Sample t-Test. Hasil: Rata-rata nyeri responden sebelum intervensi sebesar 4,22 dan sesudah intervensi sebesar 3,39. Rata-rata kenyamanan responden sebelum intervensi sebesar 78,83 dan sesudah intervensi sebesar 97,78.Hasil uji Paired Sample t-Test menunjukkan ada perbedaan nyeri pada pasien SKA sesudah dilakukan intervensi (p valuel 0,000). Ada perbedaan kenyamanan pada pasien SKA sesudah dilakukan intervensi (p valuel 0,000). Kesimpulan: Telrdapat pengaruh kombinasi thermotherapy dan dzikir terhadap intensitas nyeri dan kenyamanan pada pasien Sindrom Koroner Akut (SKA) di ruang ICU. Saran: Hasil pelnellitian untuk dapat menjadi relfelrelnsi pelnellitian sellanjutnya telrkait nyeri dan kenyamanan pada pasien SKA dan untuk penelitian selanjutnya agar memperbanyak jumlah sampel untuk hasil yang akurat dan maksimal. Kata Kunci : Thermotherapy, Dzikir, Nyeri, Kenyamanan, Sindrom Koroner Akut. Daftar Pustaka : 41 (2002-2023).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:59
Last Modified: 21 Feb 2024 01:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33405

Actions (login required)

View Item View Item