HUBUNGAN ANTARA RESPON TIME KELUARGA DALAM MEMBAWA PASIEN KE RUMAH SAKIT DENGAN TINGKAT DEFISIT NEUROLOGIS PASIEN STROKE

Hanim, Fatkhiyah (2023) HUBUNGAN ANTARA RESPON TIME KELUARGA DALAM MEMBAWA PASIEN KE RUMAH SAKIT DENGAN TINGKAT DEFISIT NEUROLOGIS PASIEN STROKE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
30902200262_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Stroke merupakan penyebab kematian kedua didunia. Salah satu kunci penting dalam meminimalkan kerusakan otak yang ditimbulkan oleh stroke adalah dengan memberikan penanganan cepat dan tepat. Luasnya kerusakan neurologis atau komplikasi penyakit stroke sangat di tentukan juga oleh penanganan awal di rumah. semakin cepat pasien mendapat pertolongan maka akan semakin kecil kemungkinan terjadinya keparahan tingkat defisit neurologis. Tujuan: Mengetahui hubungan antara respon time keluarga dalam membawa pasien ke Rumah Sakit dengan tingkat defisit neurologis penderita Stroke. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik korelatif, dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 90 responden. Instrumen yang dipakai untuk mengukur tingkat respon time yaitu menggunakan lembar kuesioner respon time keluarga. Sedangkan untuk mengukur tingkat defisit neurologis menggunakan lembar observasi National Institute of Health Stroke Scale (NIHSS). Hasil: Penelitian ini menunjukkan tingkat respon time keluarga sebagian besar cukup lambat dalam membawa pasien stroke ke rumah sakit (37.8%), dan sebagian besar responden mengalami tingkat defisit neurologis sedang (33.3%). Analisis data bivariate menggunakan uji somers yang didapatkan nilai p value 0.000 (<0.05) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.559. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara respon time keluarga dalam membawa pasien ke Rumah Sakit dengan tingkat defisit neurologis pasien stroke (p value = 0.000). Dengan keeratan hubungan sedang (nilai koefisien korelasi 0.559). Kata kunci : Respon Time Keluarga, Defisit Neurologis, Stroke Daftar pustaka : 69 (2008-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:04
Last Modified: 21 Feb 2024 03:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33395

Actions (login required)

View Item View Item