PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN SEBELUM DI LAKUKAN TINDAKAN OPERASI TURP DI RUMAH SAKIT ISLAM BANJARNEGARA

MUKHAROMAH, MA’RIFATUL (2023) PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN SEBELUM DI LAKUKAN TINDAKAN OPERASI TURP DI RUMAH SAKIT ISLAM BANJARNEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text
30902200272_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Pembedahan adalah pengalan yang sulit bagi setiap individu ada perasaan takut dancemas sebelum dilakukan pembedahan. Kecemasan pada pasien pre oprasi dapat di tangani dengan memberikan terapi farmakologi dan nonfarmakologi. Salah satu pemberian terapi nonfarmakologi yaitu dengan pemberian edukasi atau pendidikan kesehatan pre operasi. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pendidikan kesehatan adalah booklet. Metode : Penelitian pre eksperimental study design menggunakan pendekatan pre test post test design. Sampel penelitian berjumlah 18 responden dengan pengambilan sampel menggunakan metode Sampling purposif yaitu dilakukan dengan memilih subjek berdasarkan pada karakteristik tertentu yang dianggap mempunyai hubungan dengan karakteristik populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Uji yang digunakan adalah uji wilcoxson. Hasil : Hasil uji diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa "Hipotesis diterima". Artinya ada perbedaan antara skor kecemasan untuk Pre Test dan Post Test, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa "ada pengaruh pemberian edukasi dengan media booklet terhadap tingkat kecemasan sebelum dilakukan tindakan operasi TURP di RSI Banjarnegara. Simpulan : Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat kecemasan pasien sebelum dan sesudah di berikan edukasi menggunakan media booklet, Sehingga pemberian edukasi media booklet ini mampu untuk menurunkan kecemasan pasien sebelum operasi. Kata kunci : Pre Operasi, Kecemasan Pre Operasi, Edukasi, Booklet Daftar Pustaka: 27 (2009 – 2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:05
Last Modified: 21 Feb 2024 03:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33386

Actions (login required)

View Item View Item