MUHAIMIN, MUHAIMIN (2023) HUBUNGAN PELAYANAN IGD SYARIAH DENGAN KEPUASAN, KENYAMANAN DAN KUNJUNGAN PASIEN DI IGD RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
||
|
Text
30902200276_fullpdf.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang: Kehadiran layanan kesehatan berbasis syariah didalam pelaksanaannya dilakukan dengan berpedoman prinsip dan standar syariah baik dalam manajemen administrasi ataupun perawatan pasien. Pelayanan syariah ke pasien bisa di ukur dari kualitas kepuasan pasien. Kepuasan pasien dapat tercipta tentunya berasal dari kualitas layanan yang diberikan oleh pemberi pelayanan kesehatan. Selain kepuasan terpenuhinya rasa kenyamanan dapat menyebabkan perasaan sejahtera pada pasien, karena kenyamanan merupakan keadaan terpenuhinya kebutuhan dasar manusia yang bersifat individual dan holistic. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan pada pasien yang akhirnya pasien akan memanfaatkan ulang dan merekomendasikan pelayanan kesehatan tersebut pada orang di sekitarnya. Pelayanan yang baik dan berkualitas akan meningkatkan jumlah kunjungan ulang yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah pendapatan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan mengetahui Terdapat hubungan pelayanan igd syariah dengan kepuasan, kenyamanan dan kunjungan pasien. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi analitik observasional dengan desain cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 133 orang dengan teknik Slovin sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik menggunakan uji Sommers’d dan spearman. Hasil: Hasil analisis dari 133 responden sebagian besar berjenis kelamin perempuan dengan persentase 55,6% (74 orang), dengan usia sebagian besar pada usia 41-50 sebanyak 39,8% (53 orang), dan mayoritas tingkat pendidikan terakhir SLTP dengan persentase 35,3% (47 orang). Hasil uji Sommers’d antara pelayanan igd syariah dengan kepuasan pasien di IGD RSI Islam Sultan Agung dengan menunjukkan nilai 0,008 dan r 0,380. Sedangkan pada pelayanan igd syariah dengan kenyamanan pasien di IGD RSI Islam Sultan didapatkan 0,008 dan r 0,318 Sedangkan hasil uji spearman antara pelayana igd syariah dengan kenyamanan di IGD RSI Islam Sultan Agung didapatkan nilai =0,000 dengan nilai korelasi 0,300 Simpulan: Terdapat hubungan pelayanan IGD syariah dengan kepuasan, kenyamanan dan kunjungan pasien di IGD RSI sultan agung semarang. Kata kunci : Pelayanan IGD Syariah, Kepuasan, Kenyamanan, Kunjungan pasien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 03:06 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 03:06 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33378 |
Actions (login required)
View Item |