PENGARUH PEMBIDAIAN TERHADAP SKALA NYERI PASIEN FRAKTUR DI IGD RSI BANJARNEGARA DAN IGD RSUD HJ. ANNA LASMANAH BANJARNEGARA

AMRULLOH, MUHAMMAD (2023) PENGARUH PEMBIDAIAN TERHADAP SKALA NYERI PASIEN FRAKTUR DI IGD RSI BANJARNEGARA DAN IGD RSUD HJ. ANNA LASMANAH BANJARNEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
30902200277_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fraktur merupakan kerusakan semua kontinuitas pada tulang yang diakibatkan karena benturan keras dan terjadi patah tulang maupun pergeseran tulang. Menganalisis pengaruh pembidaian terhadap skala nyeri pasien fraktur di IGD RSI Banjarnegara dan RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan kelompok one group pretest – posttest design. Sampel penelitian ini sebanyak 18 responden dengan menggunakan rumus Federer drop out 10%. Analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon untuk mencari perbedaan antara skala nyeri sebelum pembidaian dan setelah pembidaian. Didapatkan bahwa rata-rata skala nyeri sebelum dilakukan tindakan pembidaian yaitu 3,94±0,539 dan setelah dilakukan pembidaian yaitu 2,72±0,575. Hasil uji statistik didapatkan bahwa p value = 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan skala nyeri yang signifikan antara sebelum dan sesuadah pembidaian pada pasien fraktur di IGD RSI Banjarnegara dan RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara. Diharapkan pembidaian pada pasien fraktur dapat dilaksanakan dengan baik agar nyeri dapat berkurang. Kata Kunci : Pembidaian, Nyeri, Fraktur Daftar Pustaka : 51 (2010 -2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:06
Last Modified: 07 Feb 2024 03:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33377

Actions (login required)

View Item View Item