GAMBARAN PENGETAHUAN, TINGKAT KECEMASAN DAN KEPERCAYAAN DIRI PERAWATAN BAYI BARU LAHIR PADA IBU DENGAN BAYI YANG DI RAWAT DI RUANG PERINATOLOGI

Nurdiyanti, Murni (2023) GAMBARAN PENGETAHUAN, TINGKAT KECEMASAN DAN KEPERCAYAAN DIRI PERAWATAN BAYI BARU LAHIR PADA IBU DENGAN BAYI YANG DI RAWAT DI RUANG PERINATOLOGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
30902200280_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Bayi baru lahir memiliki risiko kesehatan yang paling tinggi. Bayi yang bermasalah membutuhkan perawatan khusus, Gangguan emosional ibu postpartum dapat terjadi karena bayi yang dirawat diruang khusus. Penting untuk ibu memiliki pengetahuan agar dapat mengendalikan kecemasan. Perasaan cemas orang tua tidak boleh diabaikan karena apabila orang tua merasa cemas, hal ini akan membuat orang tua tidak dapat merawat anaknya dengan baik. Rasa kepercayaan diri ibu juga penting dalam perawatan bayi. Kepercayaan diri yang rendah dapat menunda transisi dalam pencapaian peran ibu dalam perawatan bayi baru lahir. Tujuan : Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan, tingkat kecemasan dan kepercayaan diri perawatan bayi baru lahir ibu dengan bayi yang di rawat di ruang perinatologi RSI Banjarnegara. Metode: Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, Jumlah sampel sebanyak 80 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat. Hasil: Karakteristik responden rata-rata berusia usia dewasa awal (26-35 tahun), pendidikan mayoritas SMA dan karakteristik pekerjaan yaitu ibu rumah tangga. Tingkat pengetahuan perawatan yaitu pengetahuan cukup baik, tingkat kecemasan ibu yaitu kategori cemas sedang dan kepercayaan diri ibu dalam kategori cukup. Kesimpulan: Ada pengetahuan, tingkat kecemasan dan kepercayaan diri perawatan bayi baru lahir ibu dengan bayi yang di rawat di ruang perinatologi RSI Banjarnegara. Kata Kunci : pengetahuan, tingkat kecemasan, kepercayaan diri perawatan bayi baru lahir, perinatologi Daftar Pustaka : 56 (2012-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:06
Last Modified: 07 Feb 2024 03:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33374

Actions (login required)

View Item View Item