PENGARUH KOMBINASI MIRROR THERAPY DAN ROM (RANGE OF MOTION) MENGGENGGAM BOLA KARET TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT PADA PASIEN STROKE NON HEMORAGIK

Indriwati, Septi (2023) PENGARUH KOMBINASI MIRROR THERAPY DAN ROM (RANGE OF MOTION) MENGGENGGAM BOLA KARET TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT PADA PASIEN STROKE NON HEMORAGIK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
30902200294_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Stroke merupakan salah satu masalah utama kesehatan, bukan hanya di Indonesia namun juga di Dunia. Stroke merupakan penyakit tidak menular namun menjadi penyebab kematian kedua dan penyebab kecacatan ketiga di Dunia. Tujuan : Mengidentifikasi karakteristik responden meliputi usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan frekuensi serangan, rata-rata kekuatan otot pasien stroke non haemoragik setelah dilaksanakan mirror therapy dan ROM menggenggam bola karet, kombinasi mirror therapy dan ROM menggenggam bola karet terhadap kekuatan otot pasien stroke Metode : Desain penelitian Pre-eksperimen dengan rancangan one group pretest dan posttest dengan teknik purposive sampling, total 22 responden dengan instrumen kuesioner. Hasil : Responden jenis kelamin laki-laki sebanyak 13 responden (59,1%) Sedangkan untuk usia mayoritas dengan usia 56-65 tahun sebanyak 10 responden (45,5%). Rerata kekuatan otot ekstremitas responden sebelum dilakukan perlakuan 2,50 dan sesudah diberikan perlakuan menjadi 3,55. uji statistic dari perhitungan Wilcoxon signed rank test, maka nilai Z yang didapat sebesar -4,134 dengan nilai p = 0,000 < α 5% dimana kurang dari batas kritis penelitian 0,05. Kesimpulan : Terdapat pengaruh kombinasi mirror therapy dan ROM (range of motion) menggenggam bola karet terhadap peningkatan kekuatan otot pada pasien stroke non hemoragik di RSI Banjarnegara Saran : Hasil penelitian untuk dapat menjadi refrensi bagi penelitian selanjutnya terkait kombinasi mirror therapy dan range of motion pada pasien stroke. Kata Kunci : Mirror Therapy, ROM, Stroke Daftar Pustaka : 51 (2012 -2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:10
Last Modified: 07 Feb 2024 03:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33360

Actions (login required)

View Item View Item