PENGARUH KOMBINASI TEKHNIK SLOW DEEP BREATHING DAN GUIDED IMAGERY TERHADAP NYERI PADA PASIEN INFARK MIOKARD AKUT DI INSTALASI GAWAT DARURAT

EKOWATI, SITI (2023) PENGARUH KOMBINASI TEKHNIK SLOW DEEP BREATHING DAN GUIDED IMAGERY TERHADAP NYERI PADA PASIEN INFARK MIOKARD AKUT DI INSTALASI GAWAT DARURAT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
30902200297_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Infark miokard akut dikenal sebagai serangan jantung dengan keluhan yang khas pada infark miokard acut adalah nyeri dada retrosternal (di belakang sternum) yang menjalar ke lengan (umumnya kiri), bahu, leher, rahang bahkan kepunggung dan epigastrium. Nyeri pada infark miokard akut merupakan sensasi yang tidak nyaman sehingga perlu dilakukan tindakan komplementer slow deep breathing dan guided imagery. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kombinasi tekhnik slow deep breathing dan guided imagery terhadap nyeri infark miokard akut. Desain pra eksperimen dengan jenis one-grup pra post-test design. Jumlah sampel 18 responden diolah secara statistick menggunakan uji Wilcoxon. Hasil Analisa karakteristik umur terbanyak 55-65 tahun (44.4%), jenis kelamin laki-laki (66.7%), Pendidikan SD (38.9%) dan pekerjaan swasta (55.6%). Hasil uji Wilcoxon nilai p value 0.000 (p-value <0.05) terdapat pengaruh kombinasi tekhnik slow deep breathing dan guided imagery terhadap nyeri infark miokard akut. Di harapkan dapat dijadikan informasi dalam mengatasi nyeri sehingga dapat diterapkan dalam asuhan keperawatan infark miokard akut. Kata kunci : Nyeri, Infark Miokard Akut, Slow Deep Breathing, Guided Imagery Pustaka : 33 ( 2018-2021 )

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:11
Last Modified: 07 Feb 2024 03:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33357

Actions (login required)

View Item View Item