PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI MURROTAL DAN NAFAS DALAM TERHADAP NYERI PADA PASIEN POST OPERASI TRANSURETHRAL RESECTION OF THE PROSTATE (TURP)

Nugroho, Suryo Aji (2023) PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI MURROTAL DAN NAFAS DALAM TERHADAP NYERI PADA PASIEN POST OPERASI TRANSURETHRAL RESECTION OF THE PROSTATE (TURP). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
30902200303_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Benign Prostatic Hyperplasia Merupakan kondisi terjadinya penyumbatan yang terlihat pada pembesaran prostat dengan tampilan histologi adenoma Tindakan Transurethral resection prostate (TURP) merupakan prosedur baku untuk terapi bedah BPH. pada tindkan BPH akan mengalami nyeri pada area insisi operasi. Implementasi keperawatan yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri yang dilakukan setelah tindakan TURP dengan melakukan Tindakan menejemen nyeri dengan Teknik relaksasi nafas dalam dan distraksi menggunakan lantunan bacaan Al-Qur’an Tujuan : dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi murrotal dan nafas dalam terhadap nyeri pada pasien post Operasi TURP Metode : Desain penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan one pre-test post-test group. jumlah sample yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 48 responden dari 57 jumlah populasi. penelitian dilakukan pada 10 agustus - 15 september 2023 analisa data yang di gunakan menggunakan metode uji marginal homogeneity Hasil : Karakteristik nyeri saat pretest terbanyak terdapat 31 (64,6%) nyeri sedang dan nyeri post test terbanyak adalah 40 (40,7%) Nyeri ringan. 3. Hasil dari analisa yang dilakukan dengan uji marginal homogenity mendapatkan nilai signifikansi p-value adalah sebesar 0,000. Simpulan : Terdapat perbedaan yang signifikansi antara nilai pretest dan nilai post test. Sehingga Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh pemberian tindakan kombinasi murrotal dan nafas dalam terhadap nyeri pada pasien post Operasi TURP Kata Kunci : Nyeri, BPH, Menejemen Nyeri Daftar Pustaka : 32 (2013-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:13
Last Modified: 07 Feb 2024 03:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33351

Actions (login required)

View Item View Item