PENGARUH FOOT MASSAGE DENGAN MINYAK HABBATUS SAUDA TERHADAP DERAJAT EDEMA KAKI PADA PASIEN CONGESTIVE HEART FAILURE (CHF)

Nugraha, Widhyandika Yudha (2023) PENGARUH FOOT MASSAGE DENGAN MINYAK HABBATUS SAUDA TERHADAP DERAJAT EDEMA KAKI PADA PASIEN CONGESTIVE HEART FAILURE (CHF). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
30902200310_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Edema kaki adalah gejala yang sering muncul dan menjadi masalah utama Congestve Heart Failure. Dampak edema yaitu pasien tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dan dapat menimbulkan komplikasi. Edema kaki dapat dikurangi dengan melakukan penatalaksanaan foot massage sebagai terapi komplementer pendamping farmakologi yang dapat meningkatkan sirkulasi, mengeluarkan sisa metabolisme, mengurangi rasa sakit, merelaksasikan otot, dan memberikan rasa nyaman. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh foot massage dengan minyak habbatus sauda terhadap derajat edema kaki pada pasien Congestive Heart Failure (CHF) Metode: Merupakan penelitian kuantitatif pre-eksperimen dengan jenis one-grup pra post-test design. Sampel sebanyak 18 pasien Congestive Heart Failure dengan edema kaki yang diambil dengan teknik purposive sampling. Intrumen penelitian menggunakan rekam medis dan stopwach. Analisis data dengan uji Marginal Homogenity. Hasil: Sebagian besar derajat edema kaki responden pada saat sebelum intervensi dan setelah intervensi hari ke-3 yaitu pada derajat 2. Hasil uji Marginal Homogenity derajat edema kaki responden pada hari ke-3 melmiliki P valuel selbelsar 0,003<0,05, maka belrarti terdapat perbedaan derajat edema kaki responden pada saat setelah diberikan intervensi di hari ke-3. Kesimpulan: Telrdapat pengaruh foot massage dengan minyak habbatus sauda terhadap derajat edema kaki pada pasien Congestive Heart Failure (CHF) pada hari ke-3 setelah dilakukan intervensi. Saran: Bagi pelnellitian sellanjutnya agar dapat memperbanyak jumlah sampel penelitian untuk mendapat hasil yang maksimal dan akurat. Kata Kunci : Congestive Heart Failure, Derajat Edema Kaki, Foot Massage. Daftar Pustaka : 43 (2016-2023).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:11
Last Modified: 31 Jan 2024 06:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33344

Actions (login required)

View Item View Item