PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI TERHADAP SKOR KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI OPEN REDUCTION INTERNAL FIXATION (ORIF) DI RSI BANJARNEGARA

WIJONARKO, YANUAR PUTHUT (2023) PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI TERHADAP SKOR KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI OPEN REDUCTION INTERNAL FIXATION (ORIF) DI RSI BANJARNEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
30902200313_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan: Fraktur atau patah tulang adalah kondisi ketika tulang menjadi patah, retak, atau pecah sehingga mengubah bentuk tulang, Reduksi terbuka dengan pendekatan pembedahan dengan tindakan ORIF atau Open Reduction and Internal Fixation dengan cara memasukan plate / skrup / pen untuk memfiksasi bagian-bagian yang fraktur secara bersamaan. Tindakan operasi yang akan dihadapi dalam penanganan fraktur bagi pasien menimbulkan kecemasan sebagai suatu respon fisiologis dan emosional. Kecemasan sebelum pembedahan berdampak terhadap psikologis, tetapi juga pada aspek fisiologis seperti timbulnya, takikardia, peningkatan tekanan darah, mual, dan berkeringat yang dapat menghambat proses pembedahan. Penatalaksanaan kecemasan secara umum dikelola dengan terapi farmakologi dan non farmakologi. Adapun terapi non farmakologi dapat berupa pemberian informasi. Pemberian informasi dan persiapan operasi sangat penting bagi pasien dan perawat sebagai bentuk kerja sama dan dapat membantu pasien untuk mempersiapkan diri baik secara fisik maupun psikologis. Tujuan penelitian: Mengetahui pengaruh pemberian paket edukasi terhadap skor kecemasan pada pasien pre operasi orif di RSI banjarnegara. Metode: Desain penelitian menggunakan preexperimental designs dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien dengan tindakan operasi orif di RSI Banjarnegara dengan jumlah 35 pasien. Hasil: Responden dalam penelitian ini rata-rata umur 35,60 tahun, mayoritas berjenis kelamin laki-laki, mayoritas berpendidikan SMA, jenis pekerjaan mayoritas sebagai buruh/petani dan mayoritas belum pernah mempunyai pengalaman operasi. Rerata skor kecemasan sebelum diberikan paket edukasi 15,09 termasuk dalam katergori cemas sedang. Rerata skor kecemasan sesudah diberikan paket edukasi 11,49 termasuk dalam katergori cemas ringan. Simpulan: Pengaruh pemberian paket edukasi terhadap skor kecemasan pada pasien pre operasi orif dengan uji Wilcoxon Test Statistics didapatkan hasil p value 0,000. Terdapat pengaruh penurunan skor kecemasan yang signifikan terhadap skor kecemasan yang diberikan paket edukasi pada pasien pre operasi orif di RSI banjarnegara. Kata kunci: Paket Edukasi; Skor Kecemasan; Pre operasi Orif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:13
Last Modified: 31 Jan 2024 06:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33342

Actions (login required)

View Item View Item