PENGARUH METODE EDUKASI VIDEO MOBILISASI DINI TERHADAP MOTIVASI PASIEN PADA IBU POST SECTIO CAESAREA DI RUMAH SAKIT ISLAM BANJARNEGARA

YUTIWI, YUTIWI (2023) PENGARUH METODE EDUKASI VIDEO MOBILISASI DINI TERHADAP MOTIVASI PASIEN PADA IBU POST SECTIO CAESAREA DI RUMAH SAKIT ISLAM BANJARNEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
30902200314_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang : Mobilisasi dini adalah upaya untuk mempertahankan kemandirian sedini mungkin dengan membimbing penderita untuk mempertahankan fungsi fisiologis. Mobilisasi dini post SC sangat penting dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan ibu setelah operasi caesar. Salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi ibu didalam melakukan mobilisasi dini adalah dengan pemberian informasi memalui video. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode edukasi video mobilisasi dini post SC terhadap motivasi pasien sebelum dan sesudah diberi edukasi di Rumah Sakit Islam Banjarnegara. Metode : Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain pra-eksperimen pretest-posttest satu kelompok. Pengumpulan data dengan kuesioner untuk menilai tingkat motivasi sebelum dan sesudah di beri edukasi dengan menggunakan video tentang mobilisasi dini post SC. Jumlah responden sebanyak 45 orang dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil : Hasil penelitian menunjukan data berdistribusi tidak normal dengan p value 0,000<0,05. Tingkat motivasi responden sebelum diberi edukasi dengan metode video sebanyak 16 orang (35,6%) memiliki motivasi tinggi dan 29 orang (64,4%) memiliki motivasi rendah. Setelah responden diberi edukasi menggunakan video mobilisasi dini post SC jumlah ibu yang memiliki motivasi tinggi mengalami peningkatan, yaitu sebanyak 32 responden (71,1%) memiliki motivasi tinggi dan 13 responden (28,9%) memiliki motivasi rendah dari total responden sebanyak 45 orang. Kesimpulan: Ada pengaruh metode edukasi video mobilisasi dini post SC terhadap motivasi pasien sebelum dan sesudah di beri edukasi video di RSI Banjarnegara. Kata kunci : Motivasi, Mobilisasi dini, Post Sectio Caesarea Daftar pustaka : 38 (2012-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:15
Last Modified: 31 Jan 2024 06:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33341

Actions (login required)

View Item View Item