Studi Perbandingan Kinerja Gedung Menggunakan Base Isolator Type High Damping Rubber Bearing (HDRB) 8 Lantai dan 25 Lantai (Studi kasus: Rumah Susun Politeknik Pekerjaan Umum)

Fasikhullisan, Fasikhullisan (2023) Studi Perbandingan Kinerja Gedung Menggunakan Base Isolator Type High Damping Rubber Bearing (HDRB) 8 Lantai dan 25 Lantai (Studi kasus: Rumah Susun Politeknik Pekerjaan Umum). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
20202100064_fullpdf.pdf

Download (8MB)

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir sejumlah wilayah di Tanah Air mengalami gempa bumi seperti di Pulau Lombok, Manggarai, Palu dan Gembang di Aceh Barat, yang mengakibatkan kematian dan kerusakan bangunan. Indonesia terletak di Lingkar Gunung Berapi Pasifik dan merupakan negara dengan gunung berapi yang paling aktif di dunia, sehingga sering terjadi gempa bumi. Pada Tesis ini dilakukan analisis perbandingan penggunaan Base Isolator pada Gedung 8 Lantai dan 25 studi kasus Rumah Susun Politeknik Pekerjaan Umum Semarang. Analisis menggunakan software ETABS V18. Analisis Penggunaan Base Isolator pada Percobaan Gedung 8 Lantai dan 25 lantai tanpa Base Isolator maupun dengan Base Isolator. Periode Getar Gedung 8 Lantai tanpa Base Isolator arah X adalah 0.597s dan saat ditambahkan Base Isolator Menjadi 2,096s Reduction Sebesar 58% sedangkan Periode Getar Gedung 25 Lantai tanpa Base Isolator arah X yaitu 2,65s dan yang telah diberi Base Isolator sebesar 2,902s Reduction Sebesar 12,5%. Kesimpulannya semakin Tinggi Bangunan Tingkat Reduction justru semakin kecil atau kurang bermanfaat penggunaan Base Isolator. Kata Kunci : Gempa, HDRB, Base Isolator, Gedung Bertingkat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:22
Last Modified: 31 Jan 2024 06:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33330

Actions (login required)

View Item View Item