ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN TIPE ASURANSI CONTRACTOR ALL RISK, BUNGA BANK, DAN BAGI HASIL TERHADAP PENGALIHAN POTENSI RISIKO PADA PROYEK KONSTRUKSI

PRASTOWO, DONI SETIO (2023) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN TIPE ASURANSI CONTRACTOR ALL RISK, BUNGA BANK, DAN BAGI HASIL TERHADAP PENGALIHAN POTENSI RISIKO PADA PROYEK KONSTRUKSI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
20202000055_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)

Abstract

Penyelenggaraan proyek kontruksi hendak memunculkan bermacam risiko selama proses pengerjaan, maka memerlukan manajemen risiko guna meminimalkan dan mengalihkan risiko yang berpotensi terjadi selama pengerjaan proyek konstruksi. Alternatif mengalihkan risiko untuk meminimalkan risiko dalam proyek konstruksi ialah melalui penggunaan asuransi contractor all risk (CAR) sebagai produk asuransi engineering yang diterbitkan oleh perusahaan asuransi umum (general insurance), secara khusus oleh perusahaan asuransi umum yang berada di Indonesia. Studi ini bertujuan guna mengetahui indikator yang bisa dipergunakan untuk memastikan penggunaan asuransi contractor all risk (CAR) oleh pihak kontraktor, serta mengetahui potensi risiko yang bisa ditransferkan dengan pemakaian asuransi contractor all risk (CAR), dan bagaimana pemakaian contractor all risk (CAR) memengaruhi pengalihan potensi risiko di proyek konstruksi. Jumlah sampel dalam studi ini, yaitu 20 perusahaan jasa konstruksi di Jakarta. Data dikumpulkan mempergunakan angket dengan skala likert, meliputi satu variabel laten eksogen (Variabel X) dan satu varabel endogen (Variabel Y) dengan total 23 item pertanyaan. Metode analisis data mempergunakan pendekatan structural equation modelling (SEM) dan didukung oleh penggunaan program LISREL 8.80. Sesuai hasil studi dan pembahasan, memberi simpulan bahwasanya hasil dari second order construct untuk nilai R² (koefisien determinasi) di tiap persamaan hubungan memperjelas jika pemakaian asuransi contractor all risk (CAR) mempunyai persentase pengaruh signifikan terhadap pengalihan potensi risiko di proyek konstruksi. Kata kunci : asuransi contractor all risk, risiko, proyek konstruksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:32
Last Modified: 31 Jan 2024 06:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33325

Actions (login required)

View Item View Item