PENGARUH PEMBERIAN GEL TOPIKAL SECRETOME HYPOXIA MESENCHYMAL STEM CELLS (SH-MSCs) TERHADAP EKSPRESI GEN IL-6 DAN TGF-β (Studi Eksperimental In Vivo pada Tikus Jantan Galur Wistar Model Alopesia-like yang diinduksi fluconazole)

Rahmanita, Meri Aldila (2023) PENGARUH PEMBERIAN GEL TOPIKAL SECRETOME HYPOXIA MESENCHYMAL STEM CELLS (SH-MSCs) TERHADAP EKSPRESI GEN IL-6 DAN TGF-β (Studi Eksperimental In Vivo pada Tikus Jantan Galur Wistar Model Alopesia-like yang diinduksi fluconazole). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
MBK2219010289_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Alopesia yang diinduksi oleh akumulasi reactive oxygen species (ROS) akan menstimulasi perubahan pada sistem imun dan neuroendokrin. Folikel rambut memiliki dermal papiler cells (DPCs) yang berikatan dengan reseptor corticotropin releasing Factor (CRF). Penelitian menunjukkan bahwa transforming growth factor (TGF-β) merupakan salah satu ekspresi yang dapat menjadi indikasi pengaruh CRF. Efek dari CRF sendiri adalah mengakibatkan rambut rontok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Secretome Hypoxia Mesenchymal Stem Cells (SH-MSCs) terhadap ekspresi IL-6 dan ekspresi TGF-β. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan eksperimental in vivo dengan metode Post Test Only Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah tikus jantan galur wistar yang dibagi menjadi 4 perlakuan yang terdiri dari 1 elompok sehat, 1 kelompok kontrol negatif, 1 kelompok perlakuan dengan SH-MSCs dosis 10% dalam dosis 200 mg/tikus/hari gel dan 1 lagi kelompok perlakuan dengan SH-MSCs dosis 20% dalam dosis 200 mg/tikus/hari. Pada hari ke-21 dilakukan peemeriksaan ekspresi IL-6 dan ekspresi TGF-β. Data di analisis menggunakan Uji One Way Annova dan Uji Kruskall Wallis untuk mengetahui pengaruh dari tiap kelompok. Hasil : Uji One Way Annova menunjukkan hasil ekspresi IL-6 (p= 0.000) pada dosis 10% dan 20% terdapat perbedaan bermakna (p<0.05) pada kelompok perlakuan dibandingkan kelompk kontrol. Uji One Way Anova hasil ekspresi TGF-β (p= 0.000) pada dosis 10% terdapat perbedaan bermakna (p<0.05) ) pada kelompok perlakuan dibandingkan kelompk kontrol. Uji Kruskall Wallis hasil ekspresi TGF-β (p=0.056) pada dosis 20% tidak terdapat perbedaan bermakna (p>0.05) pada kelompok perlakuan dibanding kelompok kontrol. Kesimpulan : Pemberian dosis SH-MSCs 10% dan 20% dalam 200 mg gel dapat menurunkan ekspresi IL-6. Pemberian dosis SH-MSCs 20%meningkatkan ekspresi TGF-β pada tikus Alopecia-like. Pengembangan penggunaan SH-MSCs diharapkan dapat menjadi alternatif terapi alopesia yang lebih bermanfaat dan aman bagi tubuh. Kata Kunci : Secretome Hypoxia Mesenchymal Stem Cells (SH-MSCs), Ekspresi IL-6x, Ekspresi TGF-β

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:37
Last Modified: 31 Jan 2024 06:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33317

Actions (login required)

View Item View Item