PENGARUH PEMBERIAN GEL TOPIKAL SECRETOME HYPOXIA MESENCHYMAL STEM CELLS (SH-MSCs) TERHADAP EKSPRESI GEN IL-10 DAN TNF-α (Studi Eksperimental In Vivo pada Tikus Jantan Galur Wistar Model Alopesia like yang diinduksi fluconazole)

Hati, Indah Permata (2023) PENGARUH PEMBERIAN GEL TOPIKAL SECRETOME HYPOXIA MESENCHYMAL STEM CELLS (SH-MSCs) TERHADAP EKSPRESI GEN IL-10 DAN TNF-α (Studi Eksperimental In Vivo pada Tikus Jantan Galur Wistar Model Alopesia like yang diinduksi fluconazole). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
MBK2219010283_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Alopesia adalah kelainan dermatologis yang ditandai dengan gangguan pada fase anagen yang lebih pendek dan fase telogen yang lebih panjang dalam siklus rambut. Terapi dengan efek samping iritan dan dermatitis kontak, alergi pada kulit kepala. menyebabkan peningkatan kerontokan rambut. Alternatif terapi menggunakan secretome hypoxia mesenchymal stem cells (SH-MSCs) yang aman dan efektif menjadi pilihan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian gel topikal SH-MSCs terhadap ekspresi gen IL-10 dan TNF-α pada tikus Wistar dengan model alopesia like yang diinduksi flukonazole. Metode: Penelitian eksperimental in vivo dengan menggunakan rancangan penelitian Post Test Only Control Group Design. Penelitian ini menggunakan 4 kelompok yaitu 2 kelompok perlakuan dan intervensi dosis gel topikal SH-MSCs dosis 20 μL dan dosis 40 μL, 1 kelompok perlakuan yang tidak mendapatkan intervensi (kontrol base gel) dan 1 kelompok tikus sehat. Analisa jaringan kulit dilakukan pada hari ke 22 untuk menilai ekspresi gen IL-10 dan TNF-α dengan metode RT-PCR. Hasil Penelitian: Ekspresi gen IL-10 dengan uji One way Anova didapat nilai 0,00 (p<0,05) sehingga terdapat perbedaan signifikan ekspresi gen IL-10 antar kelompok pada tikus dengan model alopesia like. Hasil data ekspresi gen TNF-α dengan nilai 0,00 (p<0,05) diketahui perbedaan signifikan antar kelompok perlakuan. Kesimpulan: Pemberian berbagai dosis gel topikal SH-MSCs meningkatkan ekspresi gen IL-10 dan menurunkan ekspresi gen TNF-α pada tikus Wistar dengan model alopesia like yang diinduksi fluconazole, dengan penggunaan gel topikal SH-MSCs dosis 40 μL merupakan memiliki pengaruh paling palng signifikan dibandung kelompok lainnya. Kata Kunci : Alopecia like, gel topikal SH-MHSCs, TNF-α, IL-10

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:37
Last Modified: 31 Jan 2024 06:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33316

Actions (login required)

View Item View Item