PENGARUH PEMBERIAN GEL EKSTRAK KULIT PETAI TERHADAP EKSPRESI GEN MITF DAN JUMLAH MELANIN (Studi Eksperimental in Vivo Pada Tikus Wistar Model Hiperpigmentasi yang Terpapar UVB)

Amalia, Maya Rianti (2023) PENGARUH PEMBERIAN GEL EKSTRAK KULIT PETAI TERHADAP EKSPRESI GEN MITF DAN JUMLAH MELANIN (Studi Eksperimental in Vivo Pada Tikus Wistar Model Hiperpigmentasi yang Terpapar UVB). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
MBK2118010260_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Paparan Sinar UVB dengan intensitas tinggi secara berkepanjangan dapat menginduksi terbentuknya Reactive Oksigen Species (ROS) yang menyebabkan aktivasi melanocyte inducing transcription factor (MITF) sehingga menginduksi sintesis melanin. Senyawa yang terkandung dalam ekstrak kulit petai diketahui berperan dalam menghambat produksi ROS akibat paparan sinar UVB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian gel ekstrak kulit petai terhadap ekspresi gen MITF dan jumlah melanin pada jaringan kulit tikus yang terpapar UVB intensitas tinggi. Metode: Desain penelitian ini posttest only control grup dengan metode rancang acak lengkap. Sampel yang diteliti 24 ekor tikus dengan paparan sinar UVB dengan panjang gelombang 302 nm dan energi 390mJ/cm2/hari sebanyak 3 kali seminggu selama 2 minggu. Penelitian ini dilakukan empat kelompok yaitu kelompok sehat (K1), kelompok kontrol negatif (K2), perlakuan 1 (K3) dengan gel ekstrak kulit petai 10% dan perlakuan 2 (K4) dengan gel ekstrak kulit petai 20%. Ekspresi gen MITF dianalisis menggunakan qRT-PCR dan melanin diamati dengan pewarnaan spesifik dengan fontana-masson. Hasil: Analisis qRT-PCR menunjukkan bahwa terdapat penurunan ekspresi gen MITF yang signifikan antara kelompok K4 dan K3 dibandingkan dnegan kelompok K2. Analisis jumlah melanin juga menunjukan bahwa terdapat penurunan rerata secara signifikan pada kelompok K3 dan K4 di bandingkan dengan K2 dengan nilai p<0,05. Kesimpulan: Pemberian gel ekstrak kulit petai dapat menurunkan ekpresi gen MITF dan jumlah melanin pada tikus model hiperpigmentasi yang dipapar sinar UVB. Kata kunci : Paparan UVB, ekstrak kulit petai, MITF, melanin

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:06
Last Modified: 23 Jan 2024 06:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33311

Actions (login required)

View Item View Item