PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KURIKULUM 2020 DI FARMASI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN DAN DEPRESI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG

Nada, Tharissa Haifa (2023) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KURIKULUM 2020 DI FARMASI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN DAN DEPRESI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
33101900083_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswa mempunyai beban yang berbeda dibandingkan saat masih menempuh SMA, dimana mahasiswa rentan mengalami kecemasan dan depresi, perubahan metode pembelajaran menjadi salah satu faktor pencetus kecemasan dan depresi pada mahasiswa. Program Studi Farmasi di UNISSULA menggunakan metode pembelajaran dengan sistem PBL kurikulum 2020, dimana PBL merupakan strategi pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh PBL kurikulum 2020 terhadap tingkat kecemasan dan depresi pada mahasiswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Pada penelitian ini sampel berjumlah 134 mahasiswa dari S1 Prodi Farmasi. Pengambilan data menggunakan kesioner dan kuesioner 42 (DASS 42) Dua skala tersebut telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu chi- Square Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara PBLdengan kecemasan dan depresi dengan nilai p-value = 0,427 p>0,05 untuk PBLdengan kecemasan , dan p-value = 0,939 (p>0,05) untuk PBL dengan depresi. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara PBLdengan kecemasan dan depresi. Kata kunci: Kecemasan, Depresi, Problem Based Learning PBL, Depression Anxiety Stress Scale 42 (DASS 42)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:08
Last Modified: 23 Jan 2024 06:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33309

Actions (login required)

View Item View Item