ANALISIS FAKTOR RELIGIUSITAS DAN KESADARAN HALAL TERHADAP PENGGUNAAN SUNSCREEN BERLABEL HALAL PADA MAHASANTRI PESANMASA UNISSULA

Aisyah, Shafala Rivani (2023) ANALISIS FAKTOR RELIGIUSITAS DAN KESADARAN HALAL TERHADAP PENGGUNAAN SUNSCREEN BERLABEL HALAL PADA MAHASANTRI PESANMASA UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
33101900075_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kosmetik berfungsi sebagai representasi kecantikan bagi wanita. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, produk kosmetik di Indonesia semakin beragam sehingga sulit untuk mengetahui bahan-bahan haram yang ada di dalam kosmetik tersebut. Sayangnya, kesadaran wanita muslim Indonesia terhadap kehalalan suatu produk masih terhitung kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor religiusitas dan kesadaran halal terhadap penggunaan sunscreen berlabel halal pada mahasantri Pesanmasa UNISSULA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional yang dilakukan pada 268 mahasantri Pesanmasa UNISSULA yang telah memenuhi kriteria inklusi dengan diberikan kuesioner religiusitas dan kesadaran halal. Kriteria inklusi pada penelitian ini yaitu responden yang beragama islam, rentang usia 18 – 20 tahun, bertempat tinggal di Pesanmasa UNISSULA pada periode bulan September – Oktober 2023, dan menggunakan produk sunscreen. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Chi-Square. Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh yang bermakna antara religiusitas dengan penggunaan sunscreen berlabel halal dengan nilai p-value = 0,347 , dan p-value = 0,019 untuk kesadaran halal dengan penggunaan sunscreen berlabel halal. Sebagian besar responden didominasi oleh responden dengan rentang usia 18 – 20 tahun, berjenis kelamin perempuan, serta merk sunscreen yang paling banyak digunakan yaitu azarine hydrasoothe sunscreen gel SPF 45 PA++++®. Kesimpulan: Religiusitas dan kesadaran halal tidak dapat mempengaruhi penggunaan sunscreen berlabel halal pada mahasantri Pesanmasa UNISSULA secara signifikan dengan p>0,05. Rekomendasi: peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian serupa dengan jenis kosmetik dan faktor yang berbeda. Kata kunci: Religiusitas, Kesadaran Halal, Penggunaan Sunscreen Berlabel Halal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:12
Last Modified: 23 Jan 2024 06:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33308

Actions (login required)

View Item View Item